Bahan Cotton Combed Untuk Pembuatan Kaos Distro

Cotton Combed lebih mahal harganya dibandingkan dengan kain katun biasa karena Cotton Combed merupakan jenis kain katun yang sangat halus yang proses pembuatanya diproses secara khusus sebelum diputar oleh mesin pemintal. Karena bahan dan serat benangnya yang sangat halus dan kuat, maka cotton combed terlihat lebih rata dan rapi dibandingkan dengan yang lain.

Sebutan catton combed sendiri berasal dari benang pembuatan kain untuk cotton combed itu sedndiri berasal dari bahan baku kapas dan saat proses produksinya menggunakan proses khusus yang dinamakan proses combing. Proses combing atau bisa juga disebut dengan disisir/ menyisir, adalah proses tambahan yang berfungsi untuk mendapatkan serat kapas yang panjang dan memisahkannya dari serat – serat yang pendek, dan sekaligus membuang kotoran yang mungkin terlewat pada proses sebelumnya.

Dari proses combing nanti akan didapatkan serat kapas yang panjang dan berkualitas, yang kemudian nantinya serat tersebutlah yang akan dipintai menjadi benang combed. Benang yang dihasilkan dari proses ini menjadi jauh lebih lembut, kuat, dan sangat minim ada sambungan.  Dari proses cobing itulah maka benag yang dihasilkan disebut juga dengan benang combed. Oleh sebab itu, kain yang dibuat dari bahan dasar benang combed disebut juga dengan kain combed.

kaos dengan bahan cotton combed sangat cocok digunakan di daerah yang cukup panas, seperti Indonesia yang memang beriklim tropis. kaos dari bahan cotton combed mempunyai kelebihan dapat menyerap keringat, cotton combed juga mempunyai sifat yang tidak panas karena bahan baku dasar cotton combed ini dari serat kapas alami. Bahan cotton combed ini memiliki tekstur yang halus, dingin, serta nyaman dipakai.

Ada jenis-jenis kain cotton combed yang banyak dijual dipasaran. Jenis-jenis tersebut dibedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting grammasinya (gr/m2). Berikut adalah jenis-jenis dari kain cotton combed :

  1. Benang 20s : Memiliki ketebalan antara 180 – 220 gram/m2. Bahan ini biasanya dipakai untuk jenis rajutan jarum tunggal.
  2. Benang 24s : Memiliki ketebalan antara 170 – 210 gram/m2. Bahan yang satu ini juga biasanya digunakan untuk jenis rajutan jarum tunggal seperti jenis benang 20s.
  3. Benang 30s : Memiliki ketebalan antara 140 – 160 gram/m2. Bahan ini juga digunakan untuk jenis rajutan jarum tunggal serta juga untuk jenis rajutan jarum ganda, dan bahan kain yang dihasilkan pun mencapai gramasi antara 210 – 230 gr/m2.
  4. Benang 40s : Memiliki ketebalan antara 110 – 120 gram/m2. Bahan ini pun sama digunakan untuk jenis rajutan jarum tunggal. Sedangkan untuk jenis rajutan jarum ganda, bahan kain yang dihasilkan mencapai gramasi antara 180-200 gr/m2.

Dari jenis-jenis kain tersebut, apabila semakin besar angkanya, maka semakin halus dan tipis bahannya, dan semakin mahal pula harganya. Sementara untuk kaos yang ada distro, bahan yang sering digunakan umumnya adalah bahan jenis 20s dan 30s. Kalau untuk jenis lainnya, biasanya dipakai untuk item dengan design tertentu, seperti kaos khusus wanita serta pakaian dalam berdasarkan karakter bahannya. Huruf ‘s’ dibelakang angka pada jenis kain menunjukkan jenis rajutan untuk bahan kaos.

Sementara ‘s’ disini adalah singkatan dari single knit atau rajutan tunggal. Jenis rajutan ini sangat rapat, padat, namun kurang lentur. Sebagian besar bahan kaos katun yang beredar di pasaran menggunakan tipe rajutan jarum tunggal.

Selain single knit, ada juga yang disebut double knit atau rajutan jarum ganda, bahan ini dapat digunakan secara bolak-balik, kedua sisinya sama saja. Bahan kaos double knit ditandai dengan huruf ‘d’ di belakang angka. Jenis rajutannya tidak rapat, kenyal, dan lentur. Sehingga kain jenis ini cocok digunakan untuk pakaian bayi dan juga anak-anak.

Berikut adalah kelebihan & kukurangan dari kain katun/ cotton combed dibandingkan dengan jenis kain lainnya :

Kelebihan :

  1. Kainnya nyaman, dan lembut
  2. Kuat dan tidak mudah robek
  3. Bahannya dingin saat dipakai
  4. Menyerap keringat

Kekurangan :

  1. Rentan terhadap jamur apabila disimpan ditempat yang lembab.
  2. Kain mudah rusak apabila terlalu lama terendam air.

Sekian yang dapat kami share mengenai kain katun/ cotton combed. Kami harap dengan artikel ini sedikit banyak bisa menambah wawasan untuk kita semua.

Kami Menjual Kain Cotton Combed dengan Kualitas Terbaik secara Grosir maupun Ecer. Menerima Pemesanan ke luar kota maupun export.

Katalog warna untuk Cotton Combed :

Lunar Textile Indonesia

Jl. Kertajaya IV D / 69C

Telp/ WA : 089687288182

Email : lunartextileku@gmail.com

www.lunartextile.com

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami. kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

  1. Taslan bening
  2. Taslan Milky
  3. Padding 2 oz
  4. Padding 4 oz
  5. Padding 6 oz
  6. Fleece
  7. Fleece Cotton 100%
  8. Diadora Taiwan
  9. Goretex
  10. Goretex Ribstok
  11. Parasut Milky WP
  12. Parasut WP
  13. Ribstok Parasut
  14. Ribstok Kain
  15. Antibara
  16. Micro
  17. ZN
  18. Peles
  19. Baby Canvas

*Gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Krian dan Gresik.

Daftar Harga Kain (Promo Terbatas!)

Berikut ini adalah daftar harga kain lengkap mulai dari harga kain taslan, fleece, gore-tex, parasut, ribstok, micro, zn, bahan anti bara.

Leave a Reply