+0896 8728 8182 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Kertajaya 4D no 69c Surabaya
Terlengkap
Koleksi Kainnya
Customer Services
Fast Respond
Termurah
di Surabaya
Whatsapp Kita yuk

Kain kanvas merupakan jenis kain yang memiliki serat tebal serta sifatnya sangat kuat. Awalnya, kanvas lebih banyak digunakan untuk melukis. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bahan ini semakin berkembang penggunaannya menjadi bahan dasar untuk tas, sepatu, jaket, bahkan berbagai macam aksesoris. Tak heran, karena kain kanvas ketebalannya sempurna untuk dimodifikasi.

Pada awalnya, kain kanvas terbuat dari jerami sehingga pastinya sangat kuat. Memang saat ini bahan dasar kanvas sudah berganti menjadi kapas atau linen, namun semua produsen kanvas pastinya tetap memperhatikan kualitas dan daya tahan kain sehingga tak perlu khawatir jika Anda ingin menggunakan kain kanvas dalam berbagai kesempatan. Ada juga kanvas berbahan sintetis seperti polyester.

Jenis Jenis Kain Kanvas

Kain Kanvas
Kain Kanvas

Kain kanvas memiliki sifat umum, yaitu serat yang tebal dan kuat, motif benang yang terlihat jelas, serta bisa digunakan untuk berbagai macam busana ataupun aksesoris. Ternyata ada beberapa jenis kain kanvas yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Apa sajakah itu? Simaklah di bawah ini.

1. Kanvas Blacu

Kanvas jenis ini umumnya memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan paling mudah didapatkan di toko-toko kain. Bahan ini seringkali digunakan untuk tas sederhana seperti totebag dan tas serut maupun tas souvenir. Umumnya, bahan kanvas blacu ini digunakan untuk barang dengan desain yang tidak terlalu rumit.

Salah satu kelemahan yang dimiliki bahan ini adalah kekuatannya yang kurang sehingga tidak direkomendasikan untuk membawa barang yang terlalu berat.

2. Kanvas Ripstop

Kain kanvas ripstop adalah kanvas yang lebih baik daripada blacu. Selain itu, jenis kain kanvas ini cenderung ringan karena tidak begitu tebal. Kanvas ripstop memiliki ciri khas serat berbentuk kotak-kotak yang membuatnya mudah dibedakan dari jenis kain lain. Bahan ini bisa digunakan untuk pakaian maupun aksesoris dengan harga jual yang agak tinggi.

3. Kanvas Marsoto

Jika ingin membuat tas, pakaian, maupun aksesoris dengan bahan kanvas yang halus, sebaiknya menggunakan bahan kanvas marsoto. Meskipun sedikit lebih mahal, kualitas dari kanvas marsoto sangat terjamin dan bahan ini tidak mudah robek. Ciri khas dari kanvas marsoto adalah memiliki bintik-bintik pada permukaannya yang menyerupai kain cordura.

4. Kanvas Terpal

Ini adalah jenis kain kanvas yang paling tebal dan kuat dari semua jenis kanvas. Yang pasti, kualitasnya bagus dan kedap air. Walaupun terkena benda runcing, kain ini akan tetap kuat. Namun, kebanyakan orang tidak menggunakan kain jenis ini untuk tas dan pakaian karena terlalu tebal.

5. Baby Canvas

Ini adalah jenis kain kanvas yang paling lembut dan lentur sehingga nyaman digunakan untuk membuat apa pun. Jika kain baby canvas digunakan untuk membuat tas atau pakaian, hasilnya akan terlihat lebih mewah. Walaupun lembut dan lentur, bahan ini cukup kuat dan tahan lama, maka Anda tak perlu khawatir akan kualitas dari produk yang dihasilkan.

6. Kanvas PE

Kanvas PE adalah kain kanvas yang bahan dasarnya adalah polyester dicampur dengan katun. Meskipun kuat, kain ini cenderung terasa panas saat digunakan. Namun Anda tak perlu khawatir karena bahan ini lebih banyak digunakan untuk membuat tas, bukan pakaian.

Jika memproduksi tas dalam jumlah banyak, penggunaan kanvas PE akan menghemat biaya karena biasanya lebih murah dibandingkan beberapa jenis kain yang lain.

7. Kanvas Sueding

Kanvas sueding ini merupakan yang paling khas dari semua jenis kanvas karena memiliki lapisan tipis yang agak berbulu. Hal ini membuat benang atau material ringan lainnya mudah menempel pada kain ini. Jika disentuh, kain ini akan terasa lebih lembut dari jenis lainnya. Dengan ketebalan yang sama, kanvas sueding akan terasa lebih tipis daripada yang lain.

Produk pakaian yang terbuat dari kanvas sueding akan terlihat lebih trendi dan elegan daripada menggunakan bahan lain, sehingga cocok dikenakan pria dan wanita dari segala usia. Jika dirawat dengan baik dan benar, pakaian yang terbuat dari kanvas sueding akan tahan sangat lama.

Untuk perawatan, pakaian dari bahan kanvas sueding tidak perlu sering-sering dicuci karena akan membuat warnanya cepat pudar.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Kain Kanvas

Kain Kanvas
Kain Kanvas

Kain kanvas merupakan kain yang sangat tahan dalam segala kondisi. Pada saat ini, canvas umumnya dibuat dari bahan dasar katun atau linen. Bahkan, kanvas hampir menyamai bahan denim dalam hal kekuatan. Maka dari itu, kanvas juga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan barang-barang seperti tenda, layar kapal, dan lain-lain.

Kain kanvas juga semakin banyak digunakan untuk fashion item seperti tas jinjing dan tas ransel. Penggunaan tas dari bahan ini akan membuat penampilan Anda terkesan keren.

Untuk pembuatan fashion item dari kanvas, sebaiknya selalu pilih yang dibuat dengan kanvas berkualitas tinggi karena semakin lama dipakai, barang tersebut akan semakin berkesan vintage. Namun kalau kanvas yang digunakan berkualitas kurang baik, warnanya justru akan memudar dan tidak terlihat bagus.

Ide Kreatif untuk Menggunakan Kain Kanvas

Kain Kanvas
Kain Kanvas

Kanvas merupakan bahan yang baik untuk barang indoor maupun outdoor, sehingga Anda bisa berkreasi dengannya. Temukan berbagai ide kreasi kain kanvas di bawah ini.

1. Gunakan untuk Tirai

Ubah ruangan Anda menjadi lebih cantik dengan menukar tirai lama Anda yang membosankan dengan lukisan kanvas cantik. Karena mudah untuk dilukis, Anda bisa mengkreasikan tirai dari kanvas sesuai keinginan.

Untuk pengecatan yang mudah, Anda bisa menggunakan rol khusus cat dan cat akrilik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cat yang tidak mengkilap karena akan menempel pada kain dengan lebih baik. Pertama, tutupi bagian yang tidak ingin Anda cat menggunakan masking tape, lalu cat dengan warna-warna pilihan.

Jika ingin tirai yang sesuai keinginan, potonglah kain kanvas sesuai dengan ukuran jendela, lalu jahit di semua sisi. Tambahkan renda-renda atau hiasan lain jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menarik. Anda bisa menjahit hiasan-hiasan ini, namun juga bisa menggunakan yang sudah jadi. Setelah selesai mendesain tirai, pasangkan kait secukupnya, dan tirai Anda sudah siap digunakan.

2. Sebagai Penutup Furnitur

Ingin menutupi sebuah sofa atau kursi tua agar terlihat lebih cantik? Anda juga bisa menggunakan kain kanvas untuk diletakkan di atasnya. Bahan kanvas sangat mudah untuk dicuci, maka Anda tak perlu pusing memikirkan soal perawatannya.

Kalau Anda menyukai tampilan yang lebih formal dan mahir mengoperasikan mesin jahit, Anda bisa membuat sarung khusus untuk setiap perabot Anda. Untuk menambahkan detail ke penutup furniture kanvas Anda, bisa dipilih antara menjahitkan hiasan atau membeli kertas transfer dan menggunakan printer untuk mencetak desain.

Karena bahannya tersedia dengan harga terjangkau, Anda bisa membuat sarung ataupun tirai yang indah tanpa perlu budget berlebih.

Cara Merawat Barang Berbahan Kain Kanvas

Kain Kanvas
Kain Kanvas

Meksipun tak perlu membutuhkan perawatan khusus, namun tak ada salahnya memperlakukan kanvas sedemikian rupa sehingga awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

1. Untuk membuat tas kanvas Anda berumur lebih panjang, sebaiknya gunakanlah tas yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tas kanvas Anda hanya digunakan untuk berjalan-jalan dan tidak membawa barang terlalu banyak, gunakanlah tas kanvas yang tidak terlalu besar. Tas kanvas yang kecil pun sudah cukup untuk membawa beban 4 hingga 5 kilogram.

Sebaliknya jika Anda memerlukan tas untuk membawa banyak barang bawaan, pakailah yang lebih besar sehingga bisa membawa beban hingga 10 kilogram. Dengan begitu, tas tidak seakan “dipaksa” membawa beban sehingga tidak akan cepat rusak.

2. Jika Anda tidak berencana menggunakan tas kanvas dalam jangka waktu lama, sebaiknya tas tersebut disimpan dalam tempat yang tertutup rapat dan kering. Penyimpanan di tempat yang lembab dan terbuka akan memungkinkan hewan kecil dan kelembaban masuk ke dalam tas sehingga memperpendek usia penggunaan tas tersebut.

3. Jika tas kanvas Anda sudah terlihat kotor, boleh saja mencucinya. Namun untuk mencuci tas kanvas, jangan menggunakan deterjen. Selain itu, jangan menyikat tas kanvas serta jangan menjemurnya terlalu lama. Dengan tidak menyikat tas kanvas, desain tidak akan cepat luntur.

Lebih baik lagi jika tas tidak terlalu kotor, Anda cukup mengelapnya menggunakan lap basah. Seandainya diperlukan untuk merendam tas, jangan menggunakan air yang terlalu banyak.

4. Untuk menghilangkan noda yang membandel pada tas kanvas, Anda bisa menggunakan sampo bayi.

5. Kamper bisa digunakan untuk menghindari bau tak sedap atau apek pada tempat penyimpanan tas kanvas.

6. Jangan pernah menjemur tas kanvas di bawah terik matahari karena akan membuat warna cepat pudar.

Cara Memilih Tas Kanvas

Kain Kanvas
Kain Kanvas

Saat ini, tas kanvas merupakan salah satu jenis tas yang paling banyak digunakan karena memiliki begitu banyak kelebihan dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain model yang bisa dibuat seperti apa pun, kualitas bahan kanvas tak perlu diragukan lagi. Tas kanvas bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti sekolah, belanja, bahkan ke acara formal.

Selain itu, penggunaan tas kanvas semakin populer karena maraknya gerakan go green. Penggunaan tas berbahan kanvas sangat ramah lingkungan dan cocok digunakan dalam berbagai kegiatan. Tak heran jika semakin banyak produsen yang menawarkan tas kanvas. Sifatnya yang kuat dan kokoh membuat tas kanvas bisa menjadi andalan.

Jika sudah tidak digunakan lagi, barang dari kain kanvas bisa terurai secara alami sehingga tidak akan menambah kerusakan lingkungan. Selain itu, penggunaan kanvas bisa mengurangi polusi lingkungan. Ini karena kanvas tersusun dari material alami, yaitu kapas. Di bawah ini adalah cara memilih tas berbahan kanvas terbaik.

1. Pilihlah bahan kanvas yang berkualitas dan juga memiliki jalinan benang yang kuat. Ini bisa Anda lakukan dengan memperhatikan jalinan antar serta pada kain kanvas. Jika serat-seratnya rapat dan tidak banyak berongga, hampir bisa dipastikan kanvas tersebut berkualitas. Pilihlah tas kanvas yang memiliki ciri seperti ini.

2. Jangan memilih yang termurah, namun pilihlah yang paling berkualitas. Anda mungkin bingung dalam memilih karena ada banyak sekalipilihan tas kanvas yang tersedia di pasaran, namun membeli tas kanvas berkualitas terbaik akan menghemat pengeluaran Anda dalam jangka waktu lama.

3. Pilih tas kanvas dengan bentuk atau desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. seperti halnya tas lainnya, Anda pasti akan merasa paling nyaman mengenakannya jika penampilan tas tersebut sesuai selera dan gaya Anda. misalnya jika sering membawa barang berat atau besar, Anda bisa menggunakan tas dengan ukuran yang sesuai.

4. Telitilah kualitas jahitan antar bagian pada tas kanvas. Pastikanlah tas kanvas yang Anda pilih memiliki jahitan bagus dan rapi sehingga akan tahan lama meskipun dipakai berulang-ulang. Selain menghemat biaya, Anda juga akan lebih senang dengan penampilan tas yang berkualitas tinggi.

5. Untuk kegiatan sehari-hari, sangat disarankan memilih tas kanvas sweed atau yang berbahan baby canvas karena tekstur yang halus sehingga nyaman digunakan setiap saat.

6. Belilah tas kanvas dari tempat yang sudah terpercaya. Membeli tas kanvas yang terlalu murah akan merugikan Anda sendiri karena tas tersebut tidak akan bertahan lama. Sebaliknya jika Anda membeli di tempat yang menjamin kualitas, Anda akan mendapatkan kualitas yang sesuai dengan harga.

Kami Menjual Kain Meryland Drill dengan Kualitas Terbaik secara Grosir maupun Ecer. Menerima Pemesanan ke luar kota maupun export.

Lunar Textile Indonesia

Jl. Kertajaya IV D / 69C

Telp/ WA : 089687288182

Email : lunartextileku@gmail.com

www.lunartextile.com

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami. kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

  1. Taslan bening
  2. Taslan Milky
  3. Padding 2 oz
  4. Padding 4 oz
  5. Padding 6 oz
  6. Fleece
  7. Fleece Cotton 100%
  8. Diadora Taiwan
  9. Goretex
  10. Goretex Ribstok
  11. Parasut Milky WP
  12. Parasut WP
  13. Ribstok Parasut
  14. Ribstok Kain
  15. Antibara
  16. Micro
  17. ZN
  18. Peles

*Gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Krian dan Gresik.

Kain Termurah dan Terlengkap di Surabaya Daftar Harga Kain Kami

About the author

Leave a Reply