Kain Goretex

Sering kali kita mendengar istilah kain gortex dalam produsen ataupun brand brand ternama outdoorgear termasuk outfit . Sebenarnya apasih ‘Gore-tex’ itu,  dan apa saja manfaat dari gore-tex pada peralatan outdoor kita?

gore-tex-fabric-of-nylon-taslan-with

Pengertian Dari Gore-Tex

Gore-Tex adalah membran kain tahan air dan angin, terdiri dari berjuta milyaran lubang kecil yang sering juga disebut breathable fabric yang berasal dari ePTFE atau ” Expanded Polytetrafluoroethylene dan merupakan merk dagang yang terdaftar dari W. L. Gore and Associates. Gore-Tex. Gore-Tex Mempunyai kelebihan tahan air serta angin, dengan tidak menutup kemungkinan memudahkan uap air untuk melewati membrane tersebut . Selain dirancang untuk menjadi ringan, membran ini bisa di gunakan dalam semua cuaca .

Awal Penemuan

Awal penciptaan Gore-tex dimulai oleh kimiawan Amerika bernama Robert W. Gore pada tahun 1969 karena kekagumannya terhadan produk yang terbuat dari teflon . Komponen utama teflon yakni Polytetrafluoroethylene kemudian di panaskan sehingga memperoleh ukuran sekitar 20.000 kali lebih kecil dari tetes air , namun 700 kali lebih besar dari molekul uap air sehingga uap air dapat keluar dan kelembapan bisa tetap terjaga . Dapat membentuk suatu lapisan berpori yang dapat memudahkan uap air melewati lapisan tersebut.

Keunggulan Kain Gore-Tex

Keunggulan produk dengan lapisan gore-tex didalamnya adalah , produk tersebut tetap kering dan nyaman bila kira kenakan dalam kondisi cuaca apapun . Selain itu lapisan atau membrane ini juga mempunyai kekuatan yang lebih sehingga dalam setiap produknya bilamana kita merawat dan menyimpannya dengan baik dan benar, maka dapat mempunyai kecenderungan lebih tahan lama di bandingkan dengan produk lain . Perawatan dan pencucian yang mudah menjadikan bahan ini digunakan dalam produk yang lebih luas . Rahasia dari keunggulan Gore-Tex adalah bahan Gore-Tex mempunyai beberapa lapisan istimewa yang terdiri dari :
konstruksi-jaket-outdoor

Lapisan membran

Lapisan membran adalah lapisan sangat tipis dari Polytetrafluoroethylene diperluas (ePTFE) lapisan ini memiliki  lebih dari 9 milliar pori -pori per inci persegi. Dengan ukuran yang sangat super kecil , membuat air dan angin tidak dapat menembus lapisan ini, sehingga memberikan perlindungan yang lebih bagi anda dari kedua faktor tersebut.

Lapisan laminasi

Lapisan laminasi diberikan diperlukan untuk merekatkan lapisan membrane dengan lapisan textile penyusun suatu produk , dapat berupa, jaket, sepatu dan produk produk lainya.

resp_fabric_690

Cara kerja Gore-tex

Gore- Tex dapat tahan akan air dan angin karena memiliki car kerja yang unik . Dari beberapa lapisan yang menjadi suatu kesatuan dalam menjaga agar produk sesuai dengan fungsinya yaitu tahan air dan dapat ‘Bernafas’ . Lapisan paling dalam adalah lapisan halus , di atasnya terdapat lapisan pelindung baru kemudian ditumpuk oleh membran Gore-Tex yang menahan masuknya air ke lapisan dalam. Di atas membrane Gore-Tex Terdapat lapisan pelindung dan lapisan pelindung dan lapisan luar yang melindungi lapisan lapisan di bawahnya dari goresan.

Jenis Gore-Tex

Gore-Tex Terdiri dari 3 Jenis,  Diantaranya :

  • Gore-Tex Performance Shell
  • Gore-Tex Active 
  • Gore-Tex Pro

Gore-Tex pro mempunyai beberapa keunggulan di bandingkan dengan jenis lainya, keunggulan Gore-Tex jenis diantarnya , Lebih ringan di banding dengan tipe lainya dengan di lengkapi dengan insulasi sehingga memberikan kehangatan lebih dari pemakainya .

jaket-gore-tex-anti-air

Dengan material Gore-Tex membuat jaket gunung yang anda kenakan dapat diandalkan dalam kondisi apapun . Namun dalam kondisi cuaca sehari hari terutama di indonesia yang memiliki iklim tropis , Gore-Tex tidak cocok di gunakan karena umumnya membrane Gore-Tex akan berkurang kemampuannya dalam mengeluarkan uap air bilamana suhu di luar membrane di atas 15-180 C . Dalam wilayah tropis yang lembab , keringat tidak dapat keluar karena oersamaan suhu antara luar tubuh . hal ini tidak berlaku ketika anda berada di kawasan pegunungan yang memiliki cuaca yang cenderung lebih dingin. Sehingga penggunaan Gore-Tex lebih di khususkan dalam produk jaket gunung untuk mencegah hipotermia pada penggunannya akibat butuh teropapar dengan suhu yang terlalu dingin.

 

 

Leave a Reply