May 20, 2019

Bahan Kain Fleece yang lembut dan hangat untuk Sweater/Hoodie

Kain baby terry

Kain fleece adalah salah satu jenis kain yang sering digunakan untuk pembuatan sweater dan hoodie. Kain ini memiliki karakteristik yang lembut, hangat ketika di pakai dan sedikit berbulu pada permukaan kainnya. Kain ini merupakan salah satu finishing dari produk tekstil yang dikenal dengan nama imitasi wool.

Berdasarkan komposisi material pembuatannya, kain fleece dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori mulai dari fleece cotton, fleece polyster, fleece mikro, fleece bamboo, fleece polar dan lain- lain. Kain fleece yang paling popular di dunai perclothingan adalah kain fleece cutton. Kain fleece ini tersusun atas campuran campuran serat katun (cotton) 80 % yang dipadukan dengan serat wool 20 %.

Ciri Khas Kain Fleece

Kain Fleece

Kain fleece memiliki ciri khas yaitu memiliki benang yang lebih lembut, ringan dan lebih cerah (bercahaya ) dibandingkan dengan bahan kain dengan warna yang sama. Kain ini sangat lembut saat digunakan. Kain ini juga memiliki tingkatan ketebalan, dari yang paling mikro sampai yang paling tebal memiliki fleksibilitas tersendiri.

Jika Anda belum memiliki gambaran tentang kain fleece, berikut ini penjelasan ringkas tentang karaktersitik kain fleece agar Anda tidak bingung. Tekstur kain fleece lembut, ringan dan hangat jika kita kenakan. Selain itu, kain ini dapat menyerap panas, keriangat atau air dengan baik. Jadi sirkulasi udara bahan kain fleece cukup baik dibandingkan dengan kain baby terry misalnya.

Kain ini juga memiliki elastisitas bahan yang sangat baik , dapat dikatakan bahwa kain pakain dengan kain fleece tidak mudah kendor.

Kelebihan Kain Fleece

Kain Fleece
Kain Fleece

Kain fleece merupakan salah satu jenis tekstil yang memiliki banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan kain fleece:

1. Memungkinkan Terjadinya Sirkulasi Udara dengan Baik.

Kain fleece ini dapat bekerja dengan baik sebagai isolator tubuh meskipun kain dalam kondisi basah. Kain fleece memiliki kemampuan dalam breathability yang sangat baik sehingga proses sirkulasi udara dapat berjalan baik saat pakaian tersebut dikenakan.

Karena bahan ini memiliki serat kain yang di desain dengan sedemikian rupa. Selain bahan ini dapat membuat tubuh Anda menjadi hangat juga tidak akan membuat Anda merasa gerah.

Baca Juga  4 Jenis Kain Untuk Sweater & Hoodie TERBAIK

2. Bahannya Cepat Kering

Kain fleece lebih cepat kering, ketika Anda habis mencuci bahan ini cukup di angin- anginkan saja akan kering dengan cepat. Kelebihan bahan ini juga sangat cocok Anda gunakan di daerah pegunungan yang udaranya biasanya lembah dan sering terjadi hujan.

Meskipun digunakan dalam kondisi basah, bahan fleece tetap bisa memberikan kehangatan karena dia memiliki peran sebagai insolator tubuh yang baik.

3. Bahannya Elastis

Semua bahan jenis fleece cenderung lebih elastis. Sifat bahan yang elastis membuatnya menjadi lebih mudah dilipat. Meskipun bahan ini berbentuk jaket yang tebal. Selain itu, jika- sewaktu- waktu Anda mengalami kenaikan berat badan, maka Anda tidak usah bingung. Krena bahan feece elastis, maka Anda tetap bisa memakainya. Jika kenaikan berat badan tidak terlalu banyak.

4. Harganya Terjangkau

Harga kain fleece lebih terjangkau meskipun memiliki kualitas yang bagus. Jadi pakaian dengan jenis bahan ini dapat dimiliki oleh semua orang.

5. Awet dan Tahan Lama

Bahan fleece khususnya fleece cutton memiliki kelebihan tersendiri yaitu bahannya lebih awet dan tahan lama. Untuk tingkat kelembutannya, bahan ini cenderung tergantung dengan lamanya penggunaan bahan tersebut.

6. Teksturnya Lembut

Bahan Fleece ini memiliki tekstur yang lembut, sehingga akan memberikan kenyamanan saat di pakai. Tidak perlu khawatir akan merasa gata- gatal atau terjadi iritasi saat memakai pakaian dengan bahan fleece.

Kekurangan Kain Fleece

Kain Fleece

Telah kita bahas berbagai macam kelebihan kain fleece, namun dibalik kelebihannya bahan fleece juga memiliki kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan kain fleece:

• Tidak Cocok untuk Suhu Ekstrem

Meskipun bahan fleece memiliki kemampuan untuk menghangatkan. Namun bahan fleece kurang efektif jika dipakai di daerah bersuhu ekstrem atau suhu minus derajad celcius. Sebagai gantinya jika tinggal di daerah yang suhunya ekstrem, Anda dapat menggunakan bahan wool saja.

• Lapisan Bagian Luar Mudah Mengelupas

Kekurangan dari kain fleece ini, lapisan bagian luarnya biasa mudah mengelupas jika sudah dipakai dalam waktu lama. Untuk menghindari hal itu terjadi, maka Anda harus memperhatikan cara perawatannya yang baik.

• Mudah Kotor dan Menarik Rambut

Kain fleece merupakan salah satu jenis kain tekstil yang lebih mudah kotor, selain itu bahan ini juga mudah menarik rambut. Karena bagian luar bahan fleece terdapat bulu- bulu seperti di bagian dalamnya. Bagian tersebut yang membuat debu mudah terperangkap dan bahan seperti itu yang menyebabkan rambut tertarik.

Baca Juga  Contoh Desain Konveksi Kaos Polo ANDRETTY

Maka dari itu, jika Anda memakai pakaian dengan bahan fleece sebaiknya berhati- hati agar kebersihannya tetap terjaga dan tidak menarik rambut Anda.

• Jenis Bahannya Agak Berat

Kain fleece memiliki warmth to weight ratio, sehingga jenis kain ini pada umumnya lebih berat. Bahan ini tidak direkomendasikan bagi orang- orang yang tidak menyukai jenis pakaian yang berat.

• Proses Mencucinya Cukup Merepotkan

Perlu Anda ingat, bahwa pakaian dengan bahan fleece bahan yang cepat pudar jika terlalu sering di cuci. Oleh karena itu, Anda harus tahu perawatan yang baik bagaimana? Saat mencuci hindari penggunaan pemutih dan pelembut pakaian, karena kedua bahan tersebut dapat merusak bahan fleece.

Apakah bahan fleece boleh di cuci menggunakan mesin? Boleh saja, namun Anda harus menyetel suhu mesin supaya berada di suhu yang paling rendah dengan putaran yang paling pelan.

Selanjutnya, jangan lupa untuk membalik pakaian, bagian dalam Anda letakkan di luar dan sebaliknya. Hal itu dilakukan supaya warna pakaian tidak mudah pudar, Anda cukup angin- anginkan saja di tempat yang teduh, maka pakaian tersebut akan cepat kering.

Dari kesimpulan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kain fleece sangat cocok digunakan sebagai midlayer karena dalam kondisi apapun, untuk penggunaannya dapat disesuaikan dengan ketebalan bahan.

Pakaian dengan bahan fleece sangat cocok dikenakan pada musim hujan, karena ketebalannya dapat menghangatkan tubuh kita, selain itu pada saat di cuci pun akan mudah kering.

Kami Menjual Kain Meryland Drill dengan Kualitas Terbaik secara Grosir maupun Ecer. Menerima Pemesanan ke luar kota maupun export.

Lunar Textile Indonesia

Jl. Kapasan No. 204

Telp/ WA : 089687288182

Email : [email protected]

www.lunartextile.com

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami. kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

  1. Taslan bening
  2. Taslan Milky
  3. Padding 2 oz
  4. Padding 4 oz
  5. Padding 6 oz
  6. Fleece
  7. Fleece Cotton 100%
  8. Diadora Taiwan
  9. Goretex
  10. Goretex Ribstok
  11. Parasut Milky WP
  12. Parasut WP
  13. Ribstok Parasut
  14. Ribstok Kain
  15. Antibara
  16. Micro
  17. ZN
  18. Peles
  19. Suwede
  20. Kanvas
  21. Maryland Drill
  22. Voal

*Gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Krian dan Gresik.kain

Pesan Langsung di Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/ WA : 089687288182
Email : [email protected]
Website : www.lunartextile.com
Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)
Marketplace :

Shopee Lunar Textile

Tokopedia Lunar Textile

Ingin Mencari Tempat Konveksi Yang Berkualitas ? Langsung Hubungi Lunar Garment

Alamat Garment : Jl. Karang Menur I No.2, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/WA : 0895-8008-60000
Email: [email protected]
Website : www.lunargarment.com
Instagram : Lunargarment  (Pakai @)

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami.

 

Leave a Reply

ZIPPER1