December 19, 2020

Fashion Kece Dari Kain Fleece

Sebelum tahu lebih fashion dari kain fleece yuk kita mengenal terlebih dahulu apa sih kain fleece itu kenapa kok bisa fleece jadi bahan fashion yang kece yuk simak artikel berikut dengan seksama.

Apa itu kain Fleece :

Fleece merupakan  kain hasil produksi tekstil. Kain fleece  memiliki lapisan serat seperti kapas pada salah satu permukaannya. Bahan dari kapas membuat kain fleece hangat namun tidak panas  sehingga nyaman dipakai. Kain fleece sendiri memiliki bermacam jenis, seperti Fleece Katun dan Fleece Polyester dan Fleece CVC .

Sejarah kain Fleece :

Pada tahun 1970, Malden Mills Industries yang berada di Massachusetts mencoba memberikan solusi atas permasalahan masyarakat tersebut. Perusahaan tekstil milik Aaron Feuerstein ini menjadi perusahaan pertama yang mampu mengolah plastik menjadi gulungan benang.

Dari benang itulah lalu diproduksi kain fleece yang kita pakai hingga saat ini. Kain fleece pertama yang mereka buat bermula dari hasil daur ulang botol-botol plastik dan poliester. Sementara poliester sendiri adalah bahan kimia yang bernama PET/ PETE (Polyethylene Terephthalate). Bahan kimia ini bisa didapat dari proses daur ulang botol dan kemasan plastik.

Kenapa kain Fleece  cocok dijadikan fashion :

1. Komposisi Kain

Komposisi Kain Fleece sebagian besar dibuat dari campuran dari 80% katun dan 20% tiruan imitasi wol (misalnya polyester).

2. Karakteristik Kain

Karakter kain fleece memiliki benang yang lebih lembut, ringan dan lebih cerah (bercahaya ) dibandingkan dengan bahan kain dengan warna yang sama

3. Dari Segi Sifat Bahan

Kain fleece tak begitu cocok digunakan saat siang hari atau musim panas karena akan mudah membuat gerah.

Dari alasan di atas tidak mungkin dong kain kain fleece tidak memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan kain fleece.

Kelebihan:

  • Memiliki tekstur lembut & hangat
  • Mudah sekali kering
  • Memiliki sirkulasi udara yang baik
  • Bahan awet & tahan lama
  • Bahan elastis

Kekurangan:

  • Mudah kotor
  • Tidak cocok untuk suhu extrem
  • Bulu pada bagian dalam mudah mengelupas
  • Memerlukan perawatan extra

Dari yang sudah saya sebutkan diatas kain fleece memiliki bermacam macam jenis. berikut ini adalah jenis jenis kain fleecenya.

Bulu Poliester/PE

Bahan Kain Jaket Bomber

Fleece ini merupakan salah satu jenis fleece yang banyak digunakan dalam pembuatan jaket sweater dan hoodie, kain ini tersusun dari serat katun dan polyester, namun sama seperti namanya bahan polyester yang digunakan dalam penyusunan jenis kain ini lebih dominan dari dari pada katun.

Karakteristik dari fleece jenis polyester yaitu kain 50-70% lebih panas dari pada jenis katun. Meskipun begitu kain ini masih sangat laku dipasaran, entah itu untuk bahan jaket atau selimut.

Baca Juga  4 Jenis Kain Untuk Sweater & Hoodie TERBAIK

Fleece CottonFashion Kece Dari Kain Bahan Fleece

 

 

Fleece cotton atau sering dipanggil fleece katun merupakan salah satu kain fleece yang paling banyak diminati dipasaran. Banyaknya penggunaan bahan ini untuk bahan dasar pembuatan jaket dan hoodie bukan tanpa alasan, fleece katun memiliki teksture yang lembut dan halus tak hanya itu kain ini jauh lebih dingin dari pada jenis fleece polyester selain itu kenyamanan saat kain ini di sentuh lebih terasa dari pada fleece polyester.

Fleece CVC

Fashion Kece Dari Kain Bahan Fleece

 

Fleece CVC yang biasa disebut dengan kain Fleece Cotton Viscosa merupakan kain yang terbuat dari Katun dan Viscosa. Bahan kain ini bertekstur agak sedikit kasar jika diraba, kain ini kami rekomendasikan dalam pembuatan jaket, hoddie serta sweater. Bahan ini sangat nyaman dan hangat saat digunakan serta memiliki ketahanan kain yang cukup kuat.

Cara Merawat dan Mencuci Pakaian Berbahan  kain Fleece :

Petunjuk Mencuci Pakaian Berbahan Kain Fleece

  1. Rendam pakaian berbahan kain fleece di dalam campuran air dingin dan detergen sekitar 15 menit. Jika ada noda, oleskan detergen cair pada noda.
  2. Hindari mencuci dengan mesin, karena bisa merusak serat bahan.
  3. Untuk mengatasi noda membandel, oleskan sabun lunak atau detergen cair langsung di permukaan bahan, lalu gunakan sikat yang berbulu halus untuk menyikat secara lembut dan searah. Lagi, tidak perlu menyikat secara berulang kali.
  4. Setelah selesai, cukup diperas dengan menggunakan tangan, jangan pakai pengering karena panas bisa merusak serat bahan fleece.

Metode Menjemur Pakaian Berbahan Fleece

  1. Gunakan gantungan baju untuk menjemur pakaian bahan  fleece punyamu untuk menjaga bentuk pakaian.
  2. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung, karena warna pakaianmu akan cepat pudar, cukup menjemur di tempat terbuka supaya bisa diangin-anginkan.

Panduan Menyetrika Pakaian Berbahan Fleece3

  1. Seterika dengan suhu minimal, jangan terlalu panas.
  2. Setelah diseterika, simpan dengan menggunakan gantungan baju.

Tips Menyimpan Kain Berbahan Fleece

  1. Jangan menyimpan pakaian berbahan fleece dengan dilipat, karena akan memancing tumpukan debu dan kotoran pada bahan fleece, selain itu juga cepat menimbulkan bau apek.
  2. Simpan dengan menggunakan gantungan baju, jika perlu gunakan plastik penutup untuk menjaga supaya tetap bersih dan wangi.
  3. Bahkan setelah dipakai, hindari untuk menumpuk jaket atau digantung di balik pintu bersama pakaian lain. Gunakan kembali gantungan bajumu supaya jaket berbahan fleece bisa diangin-anginkan agar tidak bau.

Sekarang anda sudah mengerti bahan fleece apabila anda ingin lebih tau mengenai jenis jenis fleece anda bisa cari artikel di website kami. Sekarang kita simak apa saja pakaian yang terbuat dari bahan fleece checkidot.

Pakaian Dari Bahan Fleece :

1.Hoodie

Fashion Kece Dari Kain Bahan Fleece

Fungsi utama dari bahan Fleece tentu sebagai bahan untuk pakaian hangat, dan jenis pakaian hangat yang pertama yang bisa dibuat adalah hoodie.  Hoodie adalah kaus dengan tudung. Hoodie sering kali menyertakan sarung tangan yang dijahit di bagian depan bawah, dan tali serut untuk menyesuaikan bukaan kap.

Baca Juga  Contoh Desain Konveksi Jaket taslan Milky KOMATSU

2. Sweater

Apa bedanya sweater dengan hoodie? Pada fungsinya, kedua pakaian ini sama-sama digunakan untuk menghangatkan tubuh. Hanya saja bentuk dan desainnya yang berbeda, sweater tidak mempunyai penutup kepala dan dibuat dengan model yang sederhana sedangkan hoodie mempunyai penutup kepala. Sweater juga merupakan pakaian hangat yang sudah ada sejak lama, berawal dari bahan wool hingga berevolusi menggunakan bahan jaket Fleece ini

3. Jogger Pants dan Sweatpants

Fashion Kece Dari Kain Bahan Fleece

Salah satu celana yang sempat sangat hits di tahun 2015 yaitu Jogger pants dan Sweatpants. Sebenarnya Jogger atau sweatpants sama saja seperti celana-celana pada umumnya, tetapi jogger pants dan sweatpants memiliki ciri khas pada opening leg nya yang menggunakan karet. Tetapi untuk menggunakan bahan Fleece sebagai bahan celana, lebih baik digunakan untuk sweatpants saja.

4. Jaket

Fashion Kece Dari Kain Bahan Fleece

Mengunakan bahan Fleece membuat Jaket terasa hangat, biasanya jaket salah satu pakeian yang sering kita bawa ketika berpegian. Apalagi ketika suasana udara dingin dan cuaca tidak menentu wajib banget untuk dibawa. Jaket bergaya sporty dengan bahan Fleece yang banyak diminati dipasaran,

Sekarang anda sudah paham bukan apa itu kain fleece, pakaian dari kain fleece serta cara merawat kain fleece dengan baik dan benar. Apabila anda berminat membeli kain fleece anda bisa menghubungi kontak yang dibawah. kami juga melayani pembuatan pakaiannya loh bila berminat hubungi kontakl lunar garment garment dibawah ini.

Jangan lupa di share ya artikel ini agar teman kalian juga mengerti tentang kain fleece

Sekian Artikel Kain Fleece, Terima Kasih

Pesan Langsung di Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 212 Surabaya
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/ WA : 089687288182
Email : [email protected]
Website : www.lunartextile.com
Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)
Marketplace :

Ingin Mencari Tempat Konveksi Yang Berkualitas ? Langsung Hubungi Lunar Garment

Alamat Garment : Jl. Karang Menur I No.2, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/WA : 0895-8008-60000
Email: [email protected]
Website : www.lunargarment.com
Instagram : Lunargarment  (Pakai @)

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami.

Kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

AntibaraFuring AsahiPadding 2, 4, 6 oz
Aston Hight TwillFuring DormeuilParasut Loreng
Baby CanvasFuring KahatexParasut Milky WP
Baby Canvas PEFuring Motif KotakPeles
Baby TerryGorotexPolar
Baby Terry Cotton 100%Gorotex RipstopRipstop Kain
BaloteliJalaRipstop Parasut
Bubble CrepeKain Parasut WPRipstop PE
Canvas MasotoLottoSarang Tawon
Canvas SuedeManset Rib Baby Terry Full KatunScoot Puma
CerutiManset Rib Fleece PE dan CottonScuba
Ceruti Baby DollManset Rib Poly dan MotifTaslan Balon
Cotton BambooMarylandTaslan Bening
Cotton Combed 24’s, 30’sMaxmaraTaslan Milky
DespoMayerTaslan Milky Rinjani
Despo LorengMicroUnione
Diadora TaiwanMoss CrepeWol Peach
FlanelNagataZN
Fleece PE, CVC, Cotton 100%Oxford
Furing ApiPadding

*Gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Krian dan Gresik. (S&K Berlaku)

 

 

 

 

 

This Post Has 2 Comments

  1. Zidane

    terima kasih penjelasannya sangat membantu dan bermanfaat

    1. adminamir

      siap dan terima kasih atas responnya kak

Leave a Reply

ZIPPER1