May 22, 2021

Jenis Jenis dari Kain Parasut

Mungkin anda sudah tidak asing dengan nama kain yang satu ini, karena kain ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan kita, mulai dari untuk tenda, jaket, bean bag hingga layang-layang.

Pernahkah kalian berfikir kenapa bahan ini mudah diaplikasikan ke berbagai kebutuhan ?

Apa Itu Kain Parasut ?

Kain parasut adalah sejenis polister jenis bahan ini berasal dari serat sintesis atau buatan dari hasil pengolahan minyak bumi kemudian diproses menjadi serat fiber poly, kain ini merupakan salah satu jenis bahan kain yang tipis dan ringan.

Dilihat dari bahan baku pembuatannya hampir dapat dipastikan jika bahan kain parasut ini pada umumnya tidak dapat menyerap keringat sehingga kurang cocok jika digunakan saat cuaca panas. Akan tetapi bahan ini mempunyai kelebihan yaitu sangat mudah dibersihkan, mudah sekali kering dan tidak menimbulkan bau.

Kain ini dinamakan bahan kain parasut karena pada awalnya bahan ini digunakan untuk pembuatan parasut yang sering digunakan oleh penerjung payung. Namun unuk jenis parasut yang digunakan untuk kebutuhan sandang mempunyai kualitas dan tingkat ketebalan yang berbeda dengan bahan yang digunakan untuk parasut terjun payung.

Secara keseluruhan bahan parasut mengandung plastik. Ada yang tebal, kuat dan juga lembut. Namun ada juga beberapa bahan parasut yang tipis, kasar dan bahkan tembus pandang. Untuk kain parasut yang digunakan untuk kebutuhan konveksi biasanya untuk tingkat ketebalan dan kekuatan kainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya, mau memakai bahan tebal dan kuat atau cukup dengan bahan yang tipis dan ringan.

Keunggulan Kain Parasut

  1. Bisa digunakan untuk berbagai jenis pakaian
  2. Memiliki ketahanan terhadap air
  3. Bahan ringan
  4. Mudah saat pencucian
  5. Mudah sekali kering meski tidak ada sinar matahari
  6. Harga yang relatif lebih murah

Jenis-jenis Kain Parasut

Parasut Biasa/Bening

Parasut Bening

Kain Parasut bening merupakan jenis kain yang memiliki lapisan coating berwarna bening dan memiliki sifat hampir serupa dengan jenis kain parasut milky yaitu tahan terhadap air (water resist). Pada umumnya jenis kain ini paling banyak digunakan dalam pembuatan jaket.

Parasut Milky

Parasut Milky

Sebenarnya hampir sama dengan kain parasut bening, yang membedakan hanya pada bagian dalam kain terdapat coating berwarna putih susu (milky), kain ini mempunya sifat water-resist, dimana dapat menolak air mengalir namun tidak tahan terhadap genangan air. Jika dibandingkan dengan kain taslan, kain parasut relatif lebih murah jika dibandingkan dengan bahan taslan.

Baca Juga  5 Kain Yang Cocok Untuk Cover Mobil

Ripstop Parasut

Ripstop Parasut

Kain Ripstop Parasut adalah salah satu kain parasut yang mempunyai tekstur unik yaitu kotak-kotak pada sisi depan dan belakang dan memiliki coating (lapisan anti air) berwarna bening/transparant.

Alpen Milky

Kain Alpen Milky

Kain yang pertama yaitu Alpen Milky, kain ini merupakan kain yang memiliki karakter seperti kain parasut milky dimana pada bagian luar memiliki ketahanan terhadap air dan dibagian dalamnya memiliki coating berwarna putih.

Jika dibandingkan dengan kain parasut milky, kain ini memiliki tekstur yang lebih halus pada permukaan luarnya.

Taslan Bening

Kain Taslan Bening

Jenis kain ini memiliki lapisan coating berwarna bening dan memiliki sifat hampir serupa dengan jenis kain taslan milky yaitu tahan terhadap air (water resist). Pada umumnya jenis kain ini paling banyak digunakan dalam pembuatan sofa bean bag, jaket dan tas.

Taslan Milky

Kain Taslan Milky

Hampir sama dengan jenis taslan coating bening, taslan milky juga memiliki coating berwarna putih susu (milky) pada bagian dalamnya. Selain memiliki permukaan yang licin taslan milky juga memiliki kerapatan yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis kain taslan lain,  dapat menyerap keringat dengan sangat baik dan juga dapat kering lebih cepat, sehingga sangat cocok untuk bahan pembuatan jaket, bean bag dan tas.

Columbia

Kain Micro Columbia

Bahan Colombia termasuk dalam jenis parasut, kain yang juga berbahan polyester ini memiliki motif unik, yang tampak luarnya seperti gore-tex motif namun di bagian baliknya terdapat jahitan timbul lurus seperti salur.

Selain digunakan untuk jaket, kain ini juga dapat di pakai untuk peralatan kursi santai dan lapisan tas.

Micro NS

Kain Micro NS

Kain Micro adalah bahan kain micro waterproof terbaik yang memiliki perpaduan campuran dua jenis polymer, yaitu nylon (polyamide) dan polyester dengan ratio perbandingan 80% polyester dan 20% polyamide. Kain ini umumnya akan menyerap air lebih baik dan proses kering lebih cepat.

Saat di pegang terasa licin sifat bahannya jatuh, Tipis seperti parasut, memiliki warna yang nampak seperti gradasi ketika di jadikan bahan jaket, dimana satu sisinya mengkilap dan satu sisinya berwarna dop (redup), mampu menahan air.

Scoot Puma

Kain Scott Puma

Kain scoot puma merupakan sejenis kain parasut yang memiliki tekstur licin dan mengkilap, kain ini sedikit lebih tebal jika dibandingkan dengan kain parasut sebelumnya. Kain ini banyak digunakan dalam pelapis dalam maupun bahan dasar dalam pembuatan jaket.

Baca Juga  Contoh Desain Konveksi Jaket taslan Milky KOMATSU

Perawatan

Pencucian

Rendam jaket dengan air hangat atau air keran langsung. saat pencucian jangan gunakan detergen karena dapat merusak bahan kain. Gunakan shampoo atau sabun bayi untuk mencucinya dan rendam secara perlahan. Gunakan sikat yang mempunyai bulu yang lembut untuk membersikan noda. Kemudian gosoklah secara perlahan dengan searah dengan serat pada jaket tersebut. Setelah itu untuk menghilangkan airnya remas atau tekan kain tersebut, jangan mempelintirnya karena dapat merusak bahan tersebut. untuk menjemur, hindari terkena sinar matahari langsung, cukup di angin-anginkan saja.

Cara Perawatan

Saat menstrika gunakan suhu rendah dan jangan menempelkan langsung setrika pada kain, lebih baik gunakan sapu tangan atau kain untuk memberi batas. Hal tersebut bertujuan supaya permukaan kain tidak menempel dengan setrika. untuk penyimpanan gunakan hanger dan gantung di lemari. hal ini bertujuan untuk menghindari kusut dan menipisnya kain karena tertumpuk oleh pakaian yang lain.

Pesan Langsung di Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 212 Surabaya
Jam Operasional :
Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu, Jam 08.00 – 16.00 WIB
Telp/ WA :
Admin 1 : 0899-2888-588
Admin 2 : 0896-1368-0801
Admin 3 : 0896-8728-8182
Email : [email protected]
Website : www.lunartextile.com
Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)
Marketplace :

Ingin Mencari Tempat Konveksi Yang Berkualitas ? Langsung Hubungi Lunar Garment

Alamat Garment : Jl. Karang Menur I No.2, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/WA : 0895-8008-60000
Email: [email protected]
Website : www.lunargarment.com
Instagram : Lunargarment  (Pakai @)

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami.

Kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

AntibaraFuring AsahiPadding 2, 4, 6 oz
Aston Hight TwillFuring DormeuilParasut Loreng
Baby CanvasFuring KahatexParasut Milky WP
Baby Canvas PEFuring Motif KotakPeles
Baby TerryGorotexPolar
Baby Terry Cotton 100%Gorotex RipstopRipstop Kain
BaloteliJalaRipstop Parasut
Bubble CrepeKain Parasut WPRipstop PE
Canvas MasotoLottoSarang Tawon
Canvas SuedeManset Rib Baby Terry Full KatunScoot Puma
CerutiManset Rib Fleece PE dan CottonScuba
Ceruti Baby DollManset Rib Poly dan MotifTaslan Balon
Cotton BambooMarylandTaslan Bening
Cotton Combed 24’s, 30’sMaxmaraTaslan Milky
DespoMayerTaslan Milky Rinjani
Despo LorengMicroUnione
Diadora TaiwanMoss CrepeWol Peach
FlanelNagataZN
Fleece PE, CVC, Cotton 100%OxfordAlpen Milky
Furing ApiPaddingMicro Colombia, NS, JN Cire

 

Leave a Reply

ZIPPER1