+62896 1368 0801 +62896 8728 8182 +62899 2888 588 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Terlengkap
Koleksi Kainnya
Customer Services
Fast Respond
Termurah
di Surabaya
Keluhan dan saran

Jenis-jenis Kain Taslan

Seiring dengan berkembanganya teknologi yang berdampak pada kehidupan, tak bisa dipungkiri jika teknologi-teknologi mutakhir yang diciptakan untuk mempermudah atau menggantikan pekerjaan manusia bahkan tak jarang dapat menciptakan hal-hal baru yang memiliki nilai. Seperti halnya pembuatan kain dalam industri textile, mungkin sampai saat ini hanya sedikit orang atau perusahaan yang masih menggunakan metode tradisional atau manual dalam pembuatan kain, hampir semua perusahaan baik skala kecil/rumahan dan menengah ke atas minimal sudah menggunakan teknologi-teknologi dalam pembuatan kain.

Pengertian Kain Taslan

Merupakan bahan kain yang terbuat dari benang sintesis serat nilon bertekstur (nilon yang sudah diberi texture dengan metoda air jet texturing) sehingga kain menjadi lebih lembut, ringan, anti air, anti angin, kuat dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Kain taslan paling sering digunakan untuk membuat jaket & jas hujan, akan tetapi lebih sering dipergunakan untuk jaket dari pada jas hujan karena kain taslan tidak bisa menahan air terlalu banyak.

Kain taslan termasuk salah satu kain favorit dari masyarakat karena termasuk kain yang modern dan memiliki teknologi tinggi (nanoteknologi), selain itu kain taslan mampu menyerap keringat ketika anda berkatifitas diluar.

Keunggulan Kain Taslan

Seperti yang disebutkan di atas, kain taslan memilik ciri khas tersendiri dan berbeda dengan kain lain pada umumnya. Kain taslan terbuat dari serat nilon, nilon yang digunakan untuk pembuatan kain taslan sendiri sudah menggunakan metode air jet texturing sehingga tekstur yang dihasilkan sangat lembut dan ringan. Tak hanya itu ada beberapa kain taslan yang terbuat dari polyester yang sudah dilapisi coating sehingga kualitas dalam menangkal air lebih baik (waterproof). Kain taslan sendiri memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Anti jamur

kain taslan umumnya sudah memiliki perlindungan terhadap jamur ataupun noda sehingga mempermudah perawatannya.

  • Cepat kering

kelebihan yang kedua dari kain taslan adalah daya serap yang lumayan tinggi dan mampu menjaga kelembapan yang berlebih pada tubuh.

  • Hangat

selain lembut, ringan dan memiliki elastisitas yang cukup tinggi, kain taslan sendiri sangat hangat dan cocok digunakan untuk bahan dasar jaket.

Jenis-jenis Kain Taslan

Jenis-jenis Umum Kain Taslan

Secara umum ada beberapa jenis kain taslan yang beredar dipasaran, antara lain:

  • Taslan Coating Bening

Jenis kain ini memiliki lapisan coating berwarna bening dan memiliki sifat hampir serupa dengan jenis kain taslan milky yaitu tahan terhadap air (water resist). Pada umumnya jenis kain ini paling banyak digunakan dalam pembuatan sofa bean bag, jaket dan tas.

  • Taslan Milky

Hampir sama dengan jenis taslan coating bening, taslan milky juga memiliki coating berwarna putih susu (milky) pada bagian dalamnya. Selain memiliki permukaan yang licin taslan milky juga memiliki kerapatan yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis kain taslan lain,  dapat menyerap keringat dengan sangat baik dan juga dapat kering lebih cepat, sehingga sangat cocok untuk bahan pembuatan jaket, bean bag dan tas.

  • Taslan Balon

Kain taslan balon merupakan jenis kain yang mimiliki permukaan licin, memiliki kerapatan cukup tinggi dan memiliki coating balon pada bagian dalam. Coating balon dibagian dalam bersifat waterproof dan berfungsi untuk menghalau air dari bagian permukaan kain sehingga air tidak tembus, meski taslan balon memiliki coating balon pada bagian dalamnya tapi kain tetap mudah dilipat dan tetap ringan.

Kain ini tidak disarankan untuk bahan pembuatan pakaian karena memiliki pori-pori yang sangat rapat dan panas, kain jenis ini sangat cocok untuk bahan pembuatan tenda.

  • Taslan Latex

Kain taslan latex memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kain taslan balon, hanya saja efektifitas menahan air (waterproof) dari taslan latex lebih lemah dibandingkan kain taslan balon. Jika kain taslan balon terkena air maka air permukaan kain akan menolak air tersebut seperti daun talas sedangkan kain taslan latex tidak bisa terlalu lama menahan air.

  • Taslan Salur

Kain taslan salur merupakan kain yang banyak digunakan untuk bahan pembuatan jaket seperti jaket parka, jaket windbreaker dan jaket organisasi kampus.

  • Taslan Parasut

Berbeda dengan kain taslan lainnya, kain taslan parasut adalah salah satu varian dari kain taslan yang terbuat dari bahan polyester dengan lapisan rubber coating sehingga kain yang dihasilkan bersifat waterproof dan windproof 95%. Jenis kain ini sangat cocok untuk pembuatan jaket outdoor seperti jaket gunung.

Cara Perawatan

saat menstrika gunakan suhu rendah dan jangan menempelkan langsung setrika dengan jaket berbahan taslan ini, lebih baik gunakan sapu tangan atau kain untuk memberi batas. Hal tersebut bertujuan supaya permukaan kain tidak menempel dengan setrika. untuk penyimpanan gunakan hanger dan gantung di lemari. hal ini bertujuan untuk menghindari kusut dan menipisnya kain karena tertumpuk oleh pakaian yang lain.

Pencucian

Rendam jaket dengan air hangat atau air keran langsung. saat pencucian jangan gunakan detergen karena dapat merusak tekstur jaket taslan. gunakan shampoo atau sabun bayi untuk mencucinya dan rendam secara perlahan. gunakan sikat yang mempunyai bulu yang lembut untuk membersikan noda. kemudian gosoklah secara perlahan dengan searah dengan serap pada jaket tersebut. setelah itu untuk menghilangkan airnya remas atau tekan jaket tersebut, jangan mempelintirnya karena dapat merusak bahan tersebut. untuk menjemur, hindari terkena sinar matahari langsung, cukup di angin – anginkan saja.

Kain Termurah dan Terlengkap di Surabaya Daftar Harga Kain Kami

About the author

Leave a Reply