+62896 1368 0801 +62896 8728 8182 +62899 2888 588 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Terlengkap
Koleksi Kainnya
Customer Services
Fast Respond
Termurah
di Surabaya
Keluhan dan saran

Kain Linen Itu Seperti Apa Sih?

Hasil gambar untuk kain linen

APA ITU KAIN LINEN ?

Kain linen merupakan kain yang bisa bertahan puluhan tahun apabila dirawat dengan baik. Kain ini biasanya digunakan untuk perlengkapan meja makan, baju, kerajinan tangan, dan juga bedding set.  Seperti namanya, kain linen merupakan kain yang terbuat dari serat tumbuhan linen. Jika semakin lama digunakan dengan diimbangi proses pencucian yang baik dan benar, maka kain linen terasa sangat nyaman digunakan.

Kain yang merupakan kain tertua di dunia ini keberadaannya tidak terlalu banyak seperti kain yang terbuat dari serat kapas, karena memiliki proses pengolahan yang lebih panjang dibandingkan dengan proses pengolahan kain dari serat kapas. Tidak seperti kain serat kapas, kain linen memiliki tekstur yang tebal, permukaannya nampak halus dan bersifat kaku.

Dibandingkan dengan jenis kain katun pada umumnya, serat kain linen memiliki ketahanan yang lebih baik dengan ciri khas berupa serat benang yang sangat besar dan tampak jelas. Kain linen memiliki banyak keunggulan dan merupakan bahan kain yang mahal.

Di negara- negara eropa, jenis kain linen sangat disukai karena memiliki karakteristik yang sangat istemewa. Selain iu, kain linen juga dapat bertahan hingga puluhan tahun jika dengan perawatan yang baik.

Kain linen adalah kain atau jenis benang yang terbuat dari serat linen (serat batang rami halus). Kain ini mengalami berbagai proses, mulai dari serat rami halus yang diolah hingga menjadi kain yang siap pakai. Bahan kain linen terbuat dari bahan yang berwarna abu-abu kecoklatan, sifatnya kering dan alamiah.

SEJARAH KAIN LINEN

Zaman dahulu di daerah Mesir, kain ini digunakan untuk membungkus mumi sebagai simbol cahaya dan kesucian. Salah satu ikon fashion Mesir, yaitu Cleopatra juga mengenakan kain jenis ini. Hal ini membuktikan bahwa kain linen sudah terkenal sejak zaman dulu. Di Indonesia, kain linen merupakan salah satu pilihan untuk industri tekstil.

Kain linen lebih banyak diolah dari bahan alami yang berupa flax (rami halus). Serat ini memiliki kilau linen yang sangat alami dan juga lebih kaku. Pengolahannya dimulai dengan cara membusukkan rami terlebih dahulu setelah dipanen. Rami siap dikeringkan setelah proses pembusukan, dan untuk memisahkan seratnya, rami harus dipotong supaya lebih mudah dalam proses pemisahan.

Dibandingkan dengan serat lainnya, linen memiliki serat yang lebih panjang. Panjangnya mencapai 25-150 cm. Dan memiliki diameter yang rata-rata berkisar 12-16 cm. Ruas-ruas sambungan dan guratan memanjang nampak pada seratnya.

Ruas-ruas pada serat tersebut membuat kain linen menjadi bertekstur dan lebih lentur. Ketika sudah dipintal menjadi benang, serat linen akan tampak mengkilap dan halus. Ujung-ujung seratnya tidak berbulu.

KELEBIHAN

Linen memiliki daya serap yang rendah terhadap bahan pewarna yang mengandung unsur kimiawi, sehingga sulit untuk mendapatkan warna yang kuat dalam hal mengikat serat. Maka dari itu, bahan ini identik dengan tampak yang natural dan berwarna putih sebab warna tersebut kualitasnya baik untuk bahan linen.

Kain yang terbuat dari serat rami ini memiliki tingkat kepekaan tinggi terhadap bahan-bahan kimia. Jika dibandingkan dengan katun, bahan ini memiliki kemampuan menyerap air lebih cepat. Linen dapat kamu temui dalam pembuatan objek yang kuat seperti dalam pembuatan jaring ikan, pembuatan benang jahit dan juga pembuatan senar.

Kain ini nyaman ketika digunakan didaerah yang beriklim panas maupun dingin karena memiliki sifat yang sejuk dan mampu menyerap keringat. Serat rami ini memiliki harga jual yang relatif tinggi sebab kualitasnya baik. Karakteristik dan sifatnya memiliki kesamaan dengan serat kapas. Untuk menghasilkan bahan baku tekstil, keduanya sama-sama dipintal dan dicampur dengan serat lainnya.

Hasil gambar untuk kain linen

Terdapat fakta yang mengatakan bahwa linen merupakan bahan dasar pertama kali yang digunakan manusia untuk membuat kain. Hal ini terbukti bahwa sepanjang sejarah peradaban manusia kain ini merupakan kain pertama yang dikenal. Serat rami halus harus di proses secara kompleks untuk mendapatkan lembaran kain linen. Tanaman ini hanya dijumpai di daerah-daerah tropis, sehingga daerah tertentu saja yang bisa memproduksi bahan ini.

Contoh daerah tropis yang dapat ditumbuhi tanaman rami ialah pulau Jawa dan Sumatra. Tanaman rami dapat berkembang baik dan tumbuh subur di daerah yang memiliki curah hujan tinggi.

KONDUKTOR PANAS YANG BAIK

Kain linen termasuk konduktor panas yang baik karena mampu melepaskan panas tubuh. Lapisan lilin nabati yang dimiliki tanaman rami ini menimbulkan kesan kilauan yang halus ketika dijadikan tekstil. Serat alami ini memiliki kekuatan yang dua-tiga kali lebih kuat jika dibandingkan dengan serat kapas. Kain ini memiliki ketahanan yang baik terhadap abrasi dan degradasi oleh panas.

Tidak hanya konduktor yang baik, bahan ini juga termasuk isolator yang baik sebab kain ini mampu menyerap panas dan menghangatkan tubuh ketika cuaca dingin. Linen dapat membal secara cepat dan memiliki elastisitas yang buruk, faktor itulah yang menyebabkan bahan linen mudah kusut. Baju yang terbuat dari bahan linen tidak mudah kotor karena kainnya mudah dibersihkan dari noda. Jika sering dicuci, maka akan lebih lembut.

Jenis kainnya memiliki kemampuan melepas dan menyerap kelembaban lebih cepat jika dibandingkan dengan kain serat kapas yang dipintal. Linen merupakan kain yang berasal dari serat alami sehingga tidak menyebabkan alergi dan dianggap aman. Kain lembut ini banyak digunakan dalam produk rumah tangga seperti handuk, taplak meja, serbet, seprei dan juga sarung kursi.

Tanaman rami sangat mudah dibudidayakan dan juga mendukung pelestarian alam di daerah tropis. Rami ini tanaman yang berupa dahan-dahan rumpun. Dia tahan dari berbagai penyakit tanaman dan memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan hama. Serat alami ini diperoleh dari balik batang dahan rami.

Lunar Textile Indonesia

Jl. Kapasan No. 204, Surabaya

Telp/ WA : 089687288182

Email : lunartextileku@gmail.com

www.lunartextile.com

Jadi, untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami. kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

  1. Taslan bening.
  2. Padding 2, 4, 6 oz.
  3. Taslan Milky.
  4. Fleece PE, CVC, Cotton 100%.
  5. Diadora Taiwan.
  6. Taslan Milky Rinjani.
  7. Goretex.
  8. Taslan Balon.
  9. Goretex Ribstop.
  10. Parasut Milky WP.
  11. Kain Parasut WP.
  12. Parasut Loreng.
  13. Ribstop Parasut.
  14. Ribstop Kain.
  15. Mayer.
  16. Antibara.
  17. Micro.
  18. ZN.
  19. Despo.
  20. Despo Loreng.
  21. Scott Puma.
  22. Lotto.
  23. Baby Terry.
  24. Baby Terry Cotton 100%.
  25. Peles.
  26. Baby Canvas.
  27. Sarang Tawon.
  28. Flanel.
  29. Baby Canvas.
  30. Baby Canvas PE.
  31. Canvas Suede.
  32. Canvas Marsoto.
  33. Scuba.
  34. Oxford.
  35. Ribstop PE.
  36. Furing Api.
  37. Cotton Combed 24’s, 30’s.
  38. Cotton Bamboo.
  39. Padding.
  40. Furing Asahi.
  41. Peles.
  42. Furing Kahatex.
  43. Polar.
  44. Furing Dormeuil.
  45. Jala.
  46. Bubble Crepe.
  47. Furing Motif Kotak.
  48. Baloteli.
  49. Moss Crepe.
  50. Wol Peach.
  51. Maxmara.
  52. Ceruti Baby Doll.
  53. Ceruti.
  54. Nagata.
  55. Unione.
  56. Aston Hight twill.
  57. Manset Rib Fleece PE dan Cotton.
  58. Maryland.
  59. Manset Rib Poly dan Motif.
  60. Manset Rib Baby Tery Full Katun.

*Gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Krian dan Gresik.

Kain Termurah dan Terlengkap di Surabaya Daftar Harga Kain Kami

About the author

Leave a Reply