+62896 1368 0801 +62896 8728 8182 +62899 2888 588 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Terlengkap
Koleksi Kainnya
Customer Services
Fast Respond
Termurah
di Surabaya
Keluhan dan saran

 Bahan Kain Konveksi Satin

APA ITU KAIN SATIN ?

Kain satin adalah jenis kain satin sutera yang lembut yang ditenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan klinyir-klinyir. Bagian dalam atau belakang permukaan satin sebaliknya tidak licin dan tidak mengkilap.

Kain Satin ditenun dengan serat buatan seperti poliester, asetat, nilon, dan rayon. penenunan kain satin menggunakan dengan cara yang sangat spesifik. Materi harus memiliki setidaknya empat benang dibawa ke permukaan kain untuk “float” selama satu thread berjalan tegak lurus kepada mereka. Benang di atas disebut untai lusi, yang berjalan secara vertikal, sedangkan yang di bagian bawah disebut untai pakan, yang berjalan horizontal. Proses ini disebut mengambang, dan memungkinkan sebagian besar dari benang untuk memantulkan cahaya, yang membuat kain mengkilap dan glossy di satu sisi. Beberapa satin, disebut double-faced satin, dibuat menjadi mengkilap di kedua sisi dengan menggunakan dua set untai lusi.

Bahan ini bisa digunakan untuk berbagai macam bahan, tetapi yang paling digunakan untuk pakaian wanita seperti baju tidur, blus, jilbab dan gaun malam. Dapat anda ketahui sendiri, bahwa tampilan kain satin ini terlihat mewah dan elegan dari kilauan benang yang digunakannya. Sehingga banyak orang yang berpakaian ke acara resmi dengan menggunakan bahan dasar satin ini, karena akan tampak stylish dan modis.

Karakteristik Kain Satin

Kain satin memiliki permukaan yang mengkilap dan licin di satu permukaan, ini yang membedakan antara kain satin dengan kain sutera, kalau kain sutera kedua sisinya licin kalau kain satin hanya satu sisi yang licin/mengkilap.

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat dengan Scott Puma

Kelebihan dan Kekurangan Kain Satin

Kelebihan :

  • Kain satin mudah dibentuk dan termasuk kain yang fleksibel. Maksudnya, kain ini mudah dibuat menjadi beragam bentuk pakaian dan bisa mengikuti bentuk tubuh. Kain satin juga sangat mengkilap. Sehingga dari kejauhan pun “look” (tampilan) nya akan terlihat elegan dan menawan.
  • Fleksibilitas dari kain satin ini juga sangat teruji. Cocok dan nyaman untuk digunakan sebagai bahan pakaian yang longgar.

Kekurangan :

  • Kain satin memiliki kekurangan dalam beberapa bagian. Pertama, karena sertanya halus, bahan ini rentan dan rawan rusak bila salah dalam penggunaannya, khususnya dalam proses jahit, juga perancangan. Memang idealnya untuk mengurangi risiko kerusakan ketika dijahit, lebih baik dilapisi puring atau kain tipis dalam.
  • Tidak bisa dicuci menggunakan mesin cuci. Bukan hanya karena rentan rusak, permukaan kainnya pun bisa saja menjadi mudah berbulu. Maka perlahan pakaian berbahan dasar kain satin akan cepat rusak dan terasa tidak awet.

Cara Merawat Kain  Satin

Cara Mencuci

Dalam mencuci pakaian berbahan satin pilihlah deterjen yang dibuat khusus untuk pakaian-pakaian berbahan halus dan lembut sebaiknya gunakan sabun cair. Khusus untuk mencuci bahan halus lainnya. Kandungan pembersihnya terbuat dari bahan alami yang berasal dari tumbuhan sehingga baik untuk mencuci bahan halus dan lembut. Selain itu agar  warna tidak mudah pudar

Mencuci pakaian berbahan satin sebaiknya dilakukan dengan tangan karena sifat dari bahan satin yang lembut dan hindari mencuci menggunakan mesin cuci agar kualitas dari tenunan pakaian tidak rusak. Dalam mencuci, jangan dikucek berlebihan atau digilas karena hal tersebut dapat merusak tenunan.

Baca Juga  Kain Denim

Cara Menjemur

Jauhkan Dari Sinar Matahari karena jika kain ini terkena langsung  sinar matahari dapat merusak warna tenunan maka dalam mengeringkan bahan satin tidak perlu dijemur di bawah terik matahari yang panas. Keringkanlah dengan diangin-anginkan ditempat yg teduh.

Cara Menyetrika

Ada hal yang butuh dicermati sebelum kalian menyetrika kain ini, yaitu Satin ini tidak tahan terhadap temperatur yang sangat panas. Jadi hendaknya kalian menyetrika dengan temperatur yang sangat rendah atau low. Jika terlampau panas, bahan bisa meleleh.

Cara Menyimpan

Simpanlah pakaian dengan bahan Satin ini kalian di dalam lemari dalam kondisi yang kering, jika dalam keadaan setengah kering atau masih lembab maka hal di takutkan adalah adanya jamur pada kain. Dengan begitu maka kualitas kain menjadi tidak sebagus pada awal pemakaian.

Bahan ini sebenarnya bayak ditemukan ditoko grosir manapun. akan tetapi untuk kain Satin dengan kualitas yang bagus hanya di tempat kami. kami juga menjual dalam bentuk roll ataupun ecer Bila anda berminat bisa hubungi kami :

Lunar Textile Indonesia

Jl. Kapasan No. 204, Surabaya

Telp/ WA : 089687288182

Email : lunartextileku@gmail.com

www.lunartextile.com

Jadi, untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami. kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

  1. Taslan bening.
  2. Padding 2, 4, 6 oz.
  3. Taslan Milky.
  4. Fleece PE, CVC, Cotton 100%.
  5. Diadora Taiwan.
  6. Taslan Milky Rinjani.
  7. Goretex.
  8. Taslan Balon.
  9. Goretex Ribstop.
  10. Parasut Milky WP.
  11. Kain Parasut WP.
  12. Parasut Loreng.
  13. Ribstop Parasut.
  14. Ribstop Kain.
  15. Mayer.
  16. Antibara.
  17. Micro.
  18. ZN.
  19. Despo.
  20. Despo Loreng.
  21. Scott Puma.
  22. Lotto.
  23. Baby Terry.
  24. Baby Terry Cotton 100%.
  25. Peles.
  26. Baby Canvas.
  27. Sarang Tawon.
  28. Flanel.
  29. Baby Canvas.
  30. Baby Canvas PE.
  31. Canvas Suede.
  32. Canvas Marsoto.
  33. Scuba.
  34. Oxford.
  35. Ribstop PE.
  36. Furing Api.
  37. Cotton Combed 24’s, 30’s.
  38. Cotton Bamboo.
  39. Padding.
  40. Furing Asahi.
  41. Peles.
  42. Furing Kahatex.
  43. Polar.
  44. Furing Dormeuil.
  45. Jala.
  46. Bubble Crepe.
  47. Furing Motif Kotak.
  48. Baloteli.
  49. Moss Crepe.
  50. Wol Peach.
  51. Maxmara.
  52. Ceruti Baby Doll.
  53. Ceruti.
  54. Nagata.
  55. Unione.
  56. Aston Hight twill.
  57. Manset Rib Fleece PE dan Cotton.
  58. Maryland.
  59. Manset Rib Poly dan Motif.
  60. Manset Rib Baby Tery Full Katun.
Baca Juga  Bahan Kain Konveksi Lotto

*Gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Krian dan Gresik.

Kain Termurah dan Terlengkap di Surabaya Daftar Harga Kain Kami

About the author

Leave a Reply