+62896 1368 0801 +62896 8728 8182 +62899 2888 588 Senin - Sabtu 08:00 - 17:00 Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Terlengkap
Koleksi Kainnya
Customer Services
Fast Respond
Termurah
di Surabaya
Keluhan dan saran

Bila anda mencari bahan untuk jaket outdoor atau semacamnya mungkin bisa mencoba bahan yang satu ini, kedua bahan ini memiliki kesamaan yaitu tahan terhadap air meskipun sama-sama memiliki kemampuan yang sama tentu kedua bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kami akan membahas kedua bahan ini yaitu kain taslan dan parasut, tapi sebelum itu apa kalian sudah tahu apa itu kain taslan atau kain parasut ?

Taslan Milky

Apa Itu Kain Taslan ?

Merupakan bahan kain yang terbuat dari benang sintesis serat nilon bertekstur (nilon yang sudah diberi texture dengan metoda air jet texturing) sehingga kain menjadi lebih lembut, ringan, anti air, anti angin, kuat dan mempunyai daya tahan yang tinggi. Kain taslan paling sering digunakan untuk membuat jaket, akan tetapi lebih sering dipergunakan untuk jaket dari pada jas hujan karena kain taslan tidak bisa menahan air terlalu banyak.

Kain taslan termasuk salah satu kain favorit dari masyarakat karena termasuk kain yang modern dan memiliki teknologi tinggi (nanoteknologi), selain itu kain taslan mampu menyerap keringat ketika anda berkatifitas diluar.

Keunggulan Kain Taslan

Seperti yang disebutkan di atas, kain taslan memilik ciri khas tersendiri dan berbeda dengan kain lain pada umumnya. Kain taslan terbuat dari serat nilon, nilon yang digunakan untuk pembuatan kain taslan sendiri sudah menggunakan metode air jet texturing sehingga tekstur yang dihasilkan sangat lembut dan ringan. Tak hanya itu ada beberapa kain taslan yang terbuat dari polyester yang sudah dilapisi coating sehingga kualitas dalam menangkal air lebih baik (waterproof). Kain taslan sendiri memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Anti jamur kain taslan umumnya sudah memiliki perlindungan terhadap jamur ataupun noda sehingga mempermudah perawatannya.
  • Cepat kering kelebihan yang kedua dari kain taslan adalah daya serap yang lumayan tinggi dan mampu menjaga kelembapan yang berlebih pada tubuh.
  • Hangat selain lembut, ringan, kain taslan sendiri sangat hangat dan cocok digunakan untuk bahan dasar jaket.

Jenis-jenis Umum Kain Taslan

Secara umum ada beberapa jenis kain taslan yang beredar dipasaran, antara lain:

  • Taslan Coating Bening

Taslan Bening

Jenis kain ini memiliki lapisan coating berwarna bening dan memiliki sifat hampir serupa dengan jenis kain taslan milky yaitu tahan terhadap air (water resist). Pada umumnya jenis kain ini paling banyak digunakan dalam pembuatan sofa bean bag, jaket dan tas.

  • Taslan Milky

Taslan Milky

Hampir sama dengan jenis taslan coating bening, taslan milky juga memiliki coating berwarna putih susu (milky) pada bagian dalamnya. Selain memiliki permukaan yang licin taslan milky juga memiliki kerapatan yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis kain taslan lain,  dapat menyerap keringat dengan sangat baik dan juga dapat kering lebih cepat, sehingga sangat cocok untuk bahan pembuatan jaket, bean bag dan tas.

  • Taslan Balon

Taslan Baloon

Kain taslan balon merupakan jenis kain yang mimiliki permukaan licin, memiliki kerapatan cukup tinggi dan memiliki coating balon pada bagian dalam. Coating balon dibagian dalam bersifat waterproof dan berfungsi untuk menghalau air dari bagian permukaan kain sehingga air tidak tembus, meski taslan balon memiliki coating balon pada bagian dalamnya tapi kain tetap mudah dilipat dan tetap ringan.

Baca Juga  Kain Parasut WP Untuk Pembuatan Hazmat

Kain ini tidak disarankan untuk bahan pembuatan pakaian karena memiliki pori-pori yang sangat rapat dan panas, kain jenis ini sangat cocok untuk bahan pembuatan tenda.

Cara Perawatan

saat menstrika gunakan suhu rendah dan jangan menempelkan langsung setrika dengan jaket berbahan taslan ini, lebih baik gunakan sapu tangan atau kain untuk memberi batas. Hal tersebut bertujuan supaya permukaan kain tidak menempel dengan setrika. untuk penyimpanan gunakan hanger dan gantung di lemari. hal ini bertujuan untuk menghindari kusut dan menipisnya kain karena tertumpuk oleh pakaian yang lain.

Pencucian

  • Rendam jaket dengan air hangat atau air keran langsung
  • Saat pencucian jangan gunakan detergen karena dapat merusak tekstur jaket taslan.
  • Gunakan shampoo atau sabun bayi untuk mencucinya dan rendam secara perlahan.
  • Gunakan sikat yang mempunyai bulu yang lembut untuk membersikan noda.
  • Kemudian gosoklah secara perlahan dengan searah dengan serap pada jaket tersebut.
  • Setelah itu untuk menghilangkan airnya remas atau tekan jaket tersebut, jangan mempelintirnya karena dapat merusak bahan tersebut.
  • Untuk menjemur, hindari terkena sinar matahari langsung, cukup di angin-anginkan saja.

Jadi bagaimana, apa anda sudah paham tentang kain taslan ? bila sudah mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya yaitu Parasut

Apa itu Kain Parasut ?

Kain parasut adalah sejenis polister jenis bahan ini berasal dari serat sintesis atau buatan dari hasil pengolahan minyak bumi kemudian diproses menjadi serat fiber poly, kain ini merupakan salah satu jenis bahan kain yang tipis dan ringan. Cocok digunakan untuk cover (lapisan pelindung) furing.

Dilihat dari bahan baku pembuatannya hampir dapat dipastikan jika bahan kain parasut ini pada umumnya tidak dapat menyerap keringat sehingga kurang cocok jika digunakan saat cuaca panas. Akan tetapi bahan ini mempunyai kelebihan yaitu sangat mudah dibersihkan, mudah sekali kering dan tidak menimbulkan bau.

Kain ini dinamakan bahan kain parasut karena pada awalnya bahan ini digunakan untuk pembuatan parasut yang sering digunakan oleh penerjung payung. Namun unuk jenis parasut yang digunakan untuk kebutuhan sandang mempunyai kualitas dan tingkat ketebalan yang berbeda dengan bahan yang digunakan untuk parasut terjun payung.

Secara keseluruhan bahan parasut mengandung plastik. Ada yang tebal, kuat dan juga lembut. Namun ada juga beberapa bahan parasut yang tipis, kasar dan bahkan tembus pandang. Untuk kain parasut yang digunakan untuk kebutuhan konveksi biasanya untuk tingkat ketebalan dan kekuatan kainnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya, mau memakai bahan tebal dan kuat atau cukup dengan bahan yang tipis dan ringan.

  • Parasut Bening

Parasut Bening

Kain Parasut bening merupakan jenis kain yang memiliki lapisan coating berwarna bening dan memiliki sifat hampir serupa dengan jenis kain parasut milky yaitu tahan terhadap air (water resist). Pada umumnya jenis kain ini paling banyak digunakan dalam pembuatan jaket.

  • Parasut Milky

Parasut Milky

Sebenarnya hampir sama dengan kain parasut bening, yang membedakan hanya pada bagian dalam kain terdapat coating berwarna putih susu (milky), kain ini mempunya sifat water-resist, dimana dapat menolak air mengalir namun tidak tahan terhadap genangan air

Baca Juga  Bahan Parasut Untuk Jaket Outdoor Anda

Jika dibandingkan dengan kain taslan, kain parasut relatif lebih murah jika dibandingkan dengan bahan taslan.

Perawatan

ada beberapa hal dalam pencucian yang harus diperhatikan agar hasil akhir dalam perawatan jaket parasut ini maksimal, yaitu :

  • Rendam jaket parasut anda dalam air deterjen, kurang lebih 15 menit. Makin lama anda merendam jaket anda, maka serat kain parasut jaket anda akan rusak.
  • Kuceklah dengan perlahan dan lembut pada bagian yang kotor
  • Bilas dengan cara dicelup-celupkan, sampai deterjennya hilang. Saat ini sudah tersedia pelembut yang bisa menghilangkan deterjen dalam satu kali bilasan, ini tentu sangat membantu anda dalam proses pembilasan.
  • Kibas-kibaskan jaket anda untuk membuang sisa air. Ingat! Jangan diperas karena akan membuat jaket anda menjadi kusut.
  • Jemurlah dengan cara bagian dalam diluar dan digantung. Angkat jemuran segera setelah kering atau jemur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Bila anda berminat dengan bahan kain yang kami sebutkan diatas, anda bisa menghubungi admin kami melalui WhatsApp dibawah ini:

Pesan Langsung di Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Jam Operasional :
Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu, Jam 08.00 – 16.00 WIB
Telp/ WA :
Admin 1 : 0899-2888-588
Admin 2 : 0896-1368-0801
Admin 3 : 0896-8728-8182
Email : lunartextileku@gmail.com
Website : www.lunartextile.com
Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)
Marketplace :

Ingin Mencari Tempat Konveksi Yang Berkualitas ? Langsung Hubungi Lunar Garment

Alamat Garment : Jl. Karang Menur I No.2, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/WA : 0895-8008-60000
Email: Lunargarment@gmail.com
Website : www.lunargarment.com
Instagram : Lunargarment  (Pakai @)

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami.

Kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

AntibaraFuring AsahiPadding 2, 4, 6 oz
Aston Hight TwillFuring DormeuilParasut Loreng
Baby CanvasFuring KahatexParasut Milky WP
Baby Canvas PEFuring Motif KotakPeles
Baby TerryGorotexPolar
Baby Terry Cotton 100%Gorotex RipstopRipstop Kain
BaloteliJalaRipstop Parasut
Bubble CrepeKain Parasut WPRipstop PE
Canvas MasotoLottoSarang Tawon
Canvas SuedeManset Rib Baby Terry Full KatunScoot Puma
CerutiManset Rib Fleece PE dan CottonScuba
Ceruti Baby DollManset Rib Poly dan MotifTaslan Balon
Cotton BambooMarylandTaslan Bening
Cotton Combed 24’s, 30’sMaxmaraTaslan Milky
DespoMayerTaslan Milky Rinjani
Despo LorengMicroUnione
Diadora TaiwanMoss CrepeWol Peach
FlanelNagataZN
Fleece PE, CVC, Cotton 100%OxfordAlpen Milky
Furing ApiPaddingMicro Colombia, NS, JN Cire

 

Kain Termurah dan Terlengkap di Surabaya Daftar Harga Kain Kami

About the author

Leave a Reply