December 5, 2022

Apa itu Bahan Crepe? Seperti Apa? Ini Penjelasannya!

Anda sedang mencari bahan kain yang bagus untuk keperluan gamis, tunik, hijab, dan rok wanita? Bahan Crepe bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Bahan ini memiliki tekstur yang istimewa dan unik dari kain lainnya.

Mau tahu selengkapnya? Yuk kenali karakteristik, kelebihan dan kekurangan bahan crepe, dan cara merawat kain crepe. Berikut adalah ulasannnya, simak sampai habis ya teman-teman.

 

Pengertian Bahan Crepe

bahan crepe adalah
sumber : shop.newtees.com

 

Apa itu Bahan Crepe? Bahan crepe adalah bahan kain yang memiliki sifat lentur serta tekstur kainnya seperti kulit jeruk. Permukaan kainnya sedikit kasar karena terdapat kerut pada kainnya, namun ketika dirasa dengan tangan akan terasa lembut.

Permukaan yang kasar dari crepe bahan tersebut didapat dari proses penenunan kain yang sangat bervariasi. Maka dari itu sesuai dengan kata “Crepe” yang berasal dari bahasa Perancis yang artinya mengerut. Walaupun kainnya tidak begitu halus permukaannya, bahan crepe tetap diminati oleh banyak orang.

Kepopuleran kain bahan crepe ini membuatnya memiliki nilai yang tinggi di pasaran kain. Semakin tebal dan halus kain crepe, maka harganya pun juga semakin mahal. Mahalnya harga kain crepe ini karena proses pembuatannya yang sulit dan berbeda dari kain lainnya.

Contohnya seperti memutar benang sebelum penenunan, memakai pola yang acak saat proses penenunan, hingga proses emboss pada permukaan kain yang memakai alat khusus. Pembuatannya juga dilakukan sangat ketat oleh beberapa produsen kain, karena mereka sangat menjaga rahasia pembuatan kain crepe tersebut.

 

Karakteristik Bahan Crepe

Bahan Crepe seperti apaKain crepe mempunyai ciri khusus yang membuat kain ini istimewa. Bisa Anda lihat dari permukaan kain yang seperti kulit jeruk.

Bahan crepe juga memiliki karakteristik khusus lainnya yang membuatnya istimewa dimata kaum wanita terutama. Beberapa karakteristik paling khas dari kain crepe yang perlu Anda ketahui adalah:

  1. Memiliki tekstur permukaan kain yang kasar karena bertekstur kerutan seperti kulit jeruk namun bahan crepe tetap terasa lembut ketika bersentuhan dengan kulit.
  2. Bentuk serat kain crepe seperti gelombang.
  3. Mempunyai sifat yang lentur atau elastis.
  4. Permukaan kainnya terlihat berpasir atau berkerikil.
  5. Ketebalan kainnya terbilang cukup tebal dan tidak terlalu tipis tergantung dari jenis crepe.

 

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Crepe

Bahan crepe bagus atau tidak? Kain crepe tergolong kain yang bagus karena memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya bagus. Namun juga ada kekurangan yang akan menjadi pertimbangan saat memilih kain crepe ini. Setelah ini akan kami bahas secara lengkapnya. Dibawah ini kelebihan dan kekurangan crepe:

 

Kelebihan Kain Crepe

Kelebihan kain crepe ini akan jadi hal yang penting karena mempengaruhi harga jual dari kain tersebut. Banyak peminatnya ini yang membuat kekurangannya tidak terlalu diperhatikan. Inilah kelebihan kain crepe:

  1. Memiliki sifat jatuh dan lemes.
  2. Memiliki tekstur yang unik dan bertekstur daripada yang lain.
  3. Sifat kain lembut dan elastis membuat semakin nyaman untuk bergerak.
  4. Nyaman dan dingin saat digunakan.
  5. Termasuk kain yang bagus dan populer.
  6. Mudah ditemukan ditoko kain karena banyak yang jual.

 

Kekurangan Kain Crepe

Kekuragan kain crepe juga harus menjadi pertimbangan saat memilih bahan produksi pakaian Anda. Karena kalau salah sedikit saja sudah tidak nyaman untuk dipakai kalau menggunakan bahan sembarangan. Inilah kekurangan kain crepe:

  1. Ketebalan ada yang tipis dan ada yang tebal tergantung jenisnya.
  2. Jika mendapatkan kain crepe yang tipis, akibatnya akan terlihat transparan.
  3. Sangat susah ketika disetrika.
  4. Tidak terkena sinar matahari, jika terkena sinar matahari akan mempengaruhi keawetan dari kain crepe.
  5. Perawatan kain yang susah, karena mudah rusak.
  6. Tidak cepat kering kainnya ketika sudah dicuci.
  7. Kalau sudah terbiasa dengan bahan yang halus dan tidak bertekstur akan terasa risih saat menggunakan crepe karena sedikit kasar.

 

Jenis Bahan Crepe

jenis bahan crepe
sumber : aliexpress.com

 

Selain populer dan banyak diminati, kain crepe memiliki banyak jenisnya. Mulai dari buble crepe, wool crepe, mosscrepe, rayon crepe, polyester crepe, arabian crepe, ceruti dan banyak lainnya dibawah ini akan jelaskan detailnya. Berikut adalah jenis bahan crepe:

1. Bubble Crepe

Kain bubble crepe merupakan salah satu varian kain crepe yang agak melar, ringan, jatuh dan tekstur kulit jeruknya sangat nampak dengan jelas. Meski tekstur jeruknya sangat terlihat jelas dan terasa ketika diraba menggunakan tangan namun kain ini cukup nyaman dipakai untuk bahan jilbab maupun gamis.

2. Kain Moscrepe

Kain moscrepe merupakan salah satu jenis bahan kain dari keluarga crepe yang memiliki ciri yang sangat khas yaitu adanya gambar-gambar kecil (biasanya bentuk geometris) yang dibentuk langsung oleh struktur tenun kain moscrepe itu sendiri.

3. Kain Arabian Crepe

Kain arabian crepe merupakan duplikat dari kain moscrepe yang memiliki grade atau kualitas leih baik di atas kain moscrepe. Kain arabian crepe biasanya cenderung lebih lembut, lebih dingin, adem dan lebih tebal dari pada jenis kain moscrepe.

4. Kain Crezia Crepe

Kain crezia crepe merupakan kain bertekstur jeruk yang memiliki karakteritik lentur dan tekstur kain menyerupai objek wajik. Kain memiliki massa jenis ringan, jatuh dan kain tidak mudah kusut, namun lebih transparan jika dibandingkan dengan kain moscrepe.

5. Kain Diamond Crepe

Kain diamond crepe merupakan bahan kain yang memiliki tekstur seperti pasir, agak melar dan empuk ketika dipegang. Sampai sekarang ada dua jenis bahan diamond yang terkenal di pasaran, bahan yang dimaksud yaitu berupa diamond italiano dan diamond georgette.

6. Crepe de Chine

Kain crepe de chine pada umumnya memiliki tekstur yang sangat halus dengan permukaan berkerut dan cenderung kusut seperti cucian yang habis diperas. Karena termasuk kedalam jenis kain yang mahal kain crepe de chine ini lebih sering digunakan untuk membuat gaun yang mewah.

7. Plisse Crepe

Kain plisse crepe termasuk kedalam salah satu jenis kain yang dibuat dengan cara membubuhkan bahan kimia tertentu pada bahan kain kemudian diproses lebih lanjut menggunakan alat berat untuk menghasilkan pola kerut atau crepe yang baik.

8. Kain Ceruti

Kain ceruti termasuk ke dalam jenis kain yang sangat lembut ketika dipakai. Sama seperti material crepe lain, kain ceruti juga memiliki permukaan dengan butiran bintik-bintik halus yang terasa jika diraba dengan menggunakan tangan.

9. Crepe Marocain

Crepe marocain merupakan sejenis bahan crepe yang mempunyai tekstur berat. Kain crepe marocain ini bahan asalnya adalah sutra walau terkadang juga dicampur dengan rayon atau dengan wol. Kain crepe marocain menghasilkan karakter bergelombang dengan tekstur garis-garis.

10. Kain Wollycrepe

Kain wollycrepe termasuk ke dalam jenis lightweight fabric atau serat kain ringan. Kain ini bisa disebut pula dengan nama wool crepe karena memang mengandung unsur wool dan crepe yang memiliki tekstur berpasir atau seperti kulit jeruk.

 

Harga Bahan Crepe

Butuh kain crepe untuk pembuatan kain custom Anda sendiri? Kami menyediakan kainnya loh. Dibawah ini adalah harga kain crepe di toko kami:

 

Kesimpulan

Itu tadi adalah penjelasan lengkap dari kain crepe. Semoga dengan melihat artikel kami dapat terbantu dalam mempertimbangkan kain yang akan dipakai untuk produksi gamis, hijab, rok wanita, dll.

 

Pesan Kain Crepe Langsung di Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/ WA : 089687288182
Email : lunartextileku@gmail.com
Website : www.lunartextile.com
Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)
Marketplace :

Kami juga menyediakan berbagai macam jenis bahan, antara lain :

AntibaraFuring AsahiPadding 2, 4, 6 oz
Aston Hight TwillFuring DormeuilParasut Loreng
Baby CanvasFuring KahatexParasut Milky WP
Baby Canvas PEFuring Motif KotakPeles
Baby TerryGorotexPolar
Baby Terry Cotton 100%Gorotex RipstopRipstop Kain
BaloteliJalaRipstop Parasut
Bubble CrepeKain Parasut WPRipstop PE
Canvas MasotoLottoSarang Tawon
Canvas SuedeManset Rib Baby Terry Full KatunScoot Puma
CerutiManset Rib Fleece PE dan CottonScuba
Ceruti Baby DollManset Rib Poly dan MotifTaslan Balon
Cotton BambooMarylandTaslan Bening
Cotton Combed 24’s, 30’sMaxmaraTaslan Milky
DespoMayerTaslan Milky Rinjani
Despo LorengMicroUnione
Diadora TaiwanMoss CrepeWol Peach
FlanelNagataZN
Fleece PE, CVC, Cotton 100%Oxford
Furing ApiPadding

*Gratis ongkos kirim untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Krian dan Gresik. (S&K Berlaku)

Leave a Reply

ZIPPER1