July 20, 2022

Tips Memilih bahan anti air untuk tas

Mulai memasuki musim yang tak menentu , bahan tas yang anti air menjadi pilihan yang sesuai jika digunakan untuk beraktivitas diluar ruangan .Rasanya tas yang tak memiliki kekuatan dalam menolak air, sudah lama sekali turun daun atau tidak lagi menjadi pilihan yang pas . Kini berbagai elemen masyarakat lebih suka jenis tas tas yang multifungsi , sehingga tetap aman untuk barang bawaan dan  tetap fashionable meskipun dengan harga yang relatif terjangkau. Apalagi untuk yang suka berkegiatan di luar ruangan , tas yang memiliki sifat anti air seakan akan menjadi syarat wajib dan nomor satu.

Karena sudah menjadi solusi praktis dan tidak harus membawa mantel tas atau kantong plastic lagi untuk bepergian kemanapun , Barang bawaan juga menjadi lebih aman.Dengan tas yang bisa melindungi barang barang di dalamnya dari cipratan ataupun air hujan sekaligus , memiliki value tinggi dalam tingkatan tas yang paling digemari . akan tetapi ada beberapa macam kain anti air di dalam industri textile yang menjadi bahan tas? Agar Tidak salah memilih bahan kain mana yang pas dan sesuai dengan kebutuhan , Yuk simak tips memilih bahan anti air untuk tas ! Berikut Ulasanya

Kekuatan dan Ketahanan bahan tas anti air

Mungkin beberapa dari sobat lunar sudah mengetahui istilah anti air yang berbeda beda? Nah jika belum sobat Lunar harus memahami apa perbedaan antara water resistant , water repellent dan waterproof . Memangnya apa sih yang membedakan ketiga nama tersebut? KEtiga nama tersebut merupakan interpretasi dari perbedaan kekuatan menahan air dari suatu bahan.

Water Resistance

Water resistance ini merupakan kain yang bisa menahan rembesan air, dimana biasanya memiliki waktu tertentu agar air tetap bisa masuk kedalam . Water resistance juga memiliki kekuatan yang paling lemah . Bahan kain yang bersifat water resistance juga mampu menahan air dengan dan dalam jumlah yang terbatas serta dengan waktu tertentu . Jika saat guyuran air tinggi , deras dan lama intensitasnya, bahan kain water resistant tak akan mampu menahannya. Jadi , ketahanannya terhadap air tergantung dari kerapatan kain serta lapisan tambahan .

Water Repellent

Water Repellent merupakan fungsi yang satu tingkat diatas water resistance , dimana bahan tas berlabel water repellent memang didesain atau dibuat agar kain tidak tembus air sama sekali . Meski begitu pada proses pembuatannya zat-zat yang digunakan bukan permanen, sebab itu khasiat water repellent menolak air tidak selamanya.tahan sifat water repellent ini  lebih kuat namun tetap masih bisa ditembus pada waktu dna intensitas tertentu , dimana tidak lagi kuat untuk menahan tekanan , maka air yang jatuh akan merembes .

Waterproof

Waterproof merupakan kain dengan sifat yang paling kuat dalam menahan air dari luar dan kedap air atau tidak membuat bagian dalam berembun. Secara detailnya yaitu tingkat ketahanan terhadap air yang biasanya diukur dalam satu Ingress Protection.Waterproof bisa dibilang benar benar menolak air  karena kemampuan yang diberikan untuk penolakan air ini lah yang sangat bermanfaat untuk kita yang memilih bahan tas terbaik , tetapi tetap harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan ya sobat lunar.

Baca Juga  Sajadah Travel menggunakan Kain Taslan

Karakteristik Kain

Pada dasarnya setiap bahan yang anti air ini sama saja memiliki kelebihan dan kekurangan layaknya kain pada umumnya meskipun hampir sama namun tetap berbeda. Perbedaan biasanya dalam hal kualitas dan kekuatan bahannya . Dengan menjelaskan secara signifikan pada setiap bahan tasnya , proses yang akan dipilih lebih mudah dan lebih penuh pertimbangan yang jelas . Jadi sobat lunar bisa memikirkan Langkah untuk mengantisipasi dari kekurangan bahan sebelum yakin untuk membeli barang tersebut.

Tentunya kain kain ini memiliki bagian bagian per layer yang tak kalah penting juga untuk dibahas , karena disetiap kain anti air memiliki 3 lapisan khusus yaitu :

Lapisan luar

Lapisan luar Terletak berada di paling depan atau biasanya langsung berhadapan dengan air. Fungsinya menahan air dalam jangka waktu pendek.

Coating

Coating merupakan Bagian yang berfungsi mengeluarkan uap dari dalam melalui lubang berukuran mikroskopis.

Jaringan berlapis

Jaringan berlapis yang Sesuai dengan namanya, jaringan berlapis umumnya memiliki 2 hingga 3 lapisan kain tambahan untuk dapat melindungi bagian coating.

Kebutuhan Penggunaan tas anti air

Tentu hal yang memang perlu diperhatikan dalam memilih bahan kain anti air memang pada kerapatan benang dimana terjadinya proses penenunan bahan tersebut , yang menjadi salah satu faktor kuat atau tidaknya bahan bahan tersebut lalu apakah kain yang kita akan beli mudah robek atau tidak . Jika tas yang akan kita pakai dengan aktivitas tinggi di luar ruangan dan menantang , lebih baik memang memilih tas yang benar benar anti air dan dibuat dari bahan bahan yang kuat dan tidak mudah untuk koyak atau sobek .Disisi lain memang harus memilih bahan  yang sesuai tetapi memang bahan dengan kualitas anti air ini sangat cocok digunakan di luar ruangan pasalnya ya banyak faktor yang mendukung .

Jenis kain tas anti air

Mungkin dari cara pembuatan , sobat lunar sudah bisa menemukan beberapa jenis bahan yang memang banyak ditemukan di luaran sana , pasalnya bahan yang direkomendasikan mimin lunar ini sangat digemari banyak orang yang memilih kain anti air dalam pembuatan produknya. Kali ini akan mimin bahas kain anti air terbaik yang ada di Lunar textile Indonesia .

Kain Taslan

Kain Taslan merupakan kain modern yang dirancang dengan menggunakan teknologi yang dinilai cukup canggih. Karena Kain ini terbentuk dari jalinan serat polyester yang kuat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Meskipun terbuat dari polyester, bahan taslan dapat membuat keringat cepat menguap. Kain taslan termasuk salah satu kain favorit dari masyarakat karena termasuk kain yang modern dan memiliki teknologi tinggi (nanoteknologi), selain itu kain taslan mampu menyerap keringat ketika anda beraktifitas diluar Selain itu memiliki kelebihan yang sangat banyak mulai dari harganya yang relatif murah hingga memiliki ketahanan dan perlindungan terhadap jamur dan noda

Kain Ripstop

Kain Ripstop merupakan kain tenun yang dibuat dari benang nilon, menggunakan teknik khusus untuk memperkuat ketahanan kain terhadap resiko robek maupun merobek dengan sendirinya.kain ini memiliki tekstur kotak kotak , karena terkenal akan ketahanan tenunan kain ini tidak mudah untuk robek . sehingga kain ini sangat potensial sekali apabila digunakan sebagai tas anti air karena memang memiliki kerapatan benang yang cukup untuk menahan air untuk rembes dan tetap kokoh karena memang jenis kain satu ini memiliki banyak kelebihan yang dimiliki .

Baca Juga  Kain Parasut

Kain Gore-tex

Kain Gore-tex merupakan kain yang terbuat dari beberapa lapisan yang dirancang untuk bekerja sama agar tetap kering serta memberikan daya breathability (kemampuan melepaskan uap lengas badan) yang baik sehingga Anda tidak akan merasa terlalu panas seperti layaknya jika menggunakan bahan waterproof yang tidak mempunyai kemampuan breathability. Kain Gore-Tex didesain menggantikan lapisan dalam PU dengan selaput fluoropolimer berpori tipis berpori yang diikat ke kain. Membran ini memiliki sekitar 9 miliar pori per inci persegi.

Kain Parasut

Kain parasut atau dalam bahasa pabrik dikenal dengan istilah Tafeta merupakan salah satu jenis bahan kain yang tipis dan ringan. Kain ini merupakan kain yang banyak diminati karena ringan selain itu dibandingkan ketiga kain sebelumnya kain ini juga lebih murah . bisanya untuk kegunaan tas kain ini lebih ditekankan untuk tas serut atau memang produk produk yang ditekankan pada penggunaan diluar ruangan . permukaan kain ini dinilai juga kasar tetapi jika basah kain parasut lebih cepat kering dan mudah dibersihkan .

Cara merawat

Jika sudah Membeli tas anti air tak sama dengan membeli barang sekali pakai buang. Tas tersebut akan dipakai berkali-kali dalam berbagai kegiatan dalam waktu yang relatif lama . Agar tasnya awet terus, tas harus dirawat dengan baik. Beda jenis bahan, tentu menuntut perawatan yang berbeda.Sesuai dengan pilihan kain kain yang sudah dijelaskan oleh mimin mungkin bisa dibilang memang banyak cara untuk merawat tas yang anti air dengan dibasuh saja sudah bisa tidak perlu disikat terlalu kuat karena mampu mengurangi kerapatan dari kain itu sendiri .

Nah ini tadi sudah milu jelasin sekilas untuk bahan jenis apa saja yang sering digunakan untuk membuat tas ya sobat lunar , jika masih ingin mengetahui bisa hubungi customer service yang ada dibawah ini .

Pesan Langsung di Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 204 Surabaya
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/ WA : 089687288182
Email : lunartextileku@gmail.com
Website : www.lunartextile.com
Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)
Marketplace :

Shopee Lunar Textile

Tokopedia Lunar Textile

Ingin Mencari Tempat Konveksi Yang Berkualitas ? Langsung Hubungi Lunar Garment

Alamat Garment : Jl. Karang Menur I No.2, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/WA : 0895-8008-60000
Email: Lunargarment@gmail.com
Website : www.lunargarment.com
Instagram : Lunargarment  (Pakai @)

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami.

Leave a Reply

ZIPPER1