April 29, 2024

Tips Merawat Jaket Parasut Agar Tetap Awet

Jaket parasut merupakan salah satu jenis jaket yang sangat populer di kalangan penggemar outdoor dan olahraga. Bahan parasut yang digunakan membuat jaket ini sangat efektif dalam melindungi kita dari hujan dan angin. Namun, merawat jaket parasut tidak hanya sebatas mencucinya saja, tetapi juga memerlukan perhatian khusus dalam cara penggunaan dan penyimpanannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kita dalam merawat jaket parasut dengan benar :

Jaket Parasut

Mencuci Jaket Parasut

Dalam mencuci jaket parasut, sebaiknya gunakan tangan untuk menguceknya agar menghindari kerusakan. Kalian bisa merendamnya selama beberapa menit, lalu menguceknya perlahan. Jika kalian merasa kerepotan, bisa gunakan mesin cuci. Namun, sebelum memasukkannya ke mesin cuci, cuci dulu menggunakan tangan dengan detergen sebentar. Lalu, masukkan ke mesin cuci. Atur mesin cuci dengan kecepatan rendah dan gunakan sabun cair untuk mencucinya.

Keringkan Jaket Parasut dengan Benar

Setelah mencucinya, jangan pernah memeras jaket parasut. Langsung saja gantung menggunakan hanger pada tempat yang berangin tanpa terkena sinar matahari langsung. Namun, jika kamu menggunakan mesin pengering, kalian bisa memasukkan jaket pada mesin pengering dengan kecepatan rendah. Cara ini membuat jaketmu tidak cepat rusak.

Jangan Disetrika Jaket Parasut

Sebenarnya, jaket parasut tidak usah disetrika. Karena panas dari setrika ini bisa merusak kain, menjadikan kain mengkerut. Namun, jika kalian merasa jaketmu kusut, kamu bisa menyetrikanya dengan melapisi jaket dengan kain tebal terlebih dahulu. Sehingga, panas dari setrika tidak langsung mengenai lapisan jaket.

Baca Juga  Bahan Parasut Untuk Jaket Outdoor Anda

Simpan dengan Benar

Kalian bisa menyimpan jaket parasut di dalam lemari pakaian. Lebih baik gantung jaket daripada melipatnya. Namun, jika ingin melipatnya juga tidak menjadi masalah. Tambahkan kapur barus bila perlu. Dengan menyimpannya secara baik, maka dapat menghindari tumbuhnya jamur dan bau pada jaket.

Bila kalian mencuci jaket kesayangan dengan tangan, jangan peras jaket parasutnya. Kalian bisa mengeringkan jaket dengan cara digantung. Bila kalian menggunakan mesin pengering, atur mesin dalam mode pelan kemudian jemur. Saat menjemur usahakan tidak terkena matahari langsung. Sinar matahari langsung bisa membuat warna jaket lebih cepat pudar. Pastikan jaket benar-benar kering seluruhnya sebelum dipakai agar jaket tidak berbau apek.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kalian dapat menjaga jaket parasut tetap awet dan terlihat bagus. Pastikan mencuci dan mengeringkan jaket parasut dengan benar, serta tidak menggunakan setrika dan tidak melipat jaket parasut. Dengan demikian, jaket parasut dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama dan tetap nyaman dipakai.

Leave a Reply

ZIPPER1