March 1, 2023

Apa Itu Dry Fit? Ini 5 Keunggulan Bahan Kain Jersey yang Mudah Dirawat Tersebut

Untuk kalian yang ingin mencari bahan kain jersey atau mungkin pengusaha konveksi yang baru memulai, mengenali jenis kain merupakan hal yang sangat penting kali ini kita akan membahas bahan dry fit.

Umumnya bahan dry fit banyak digunakan sebagai bahan kain jersey futsal, sepak bola, atau bahkan olahraga lainnya.

Agar kalian bisa lebih menentukan mana yang cocok atau terbaik bahan untuk kain jersey yang akan dibuat, simak pemaparan mengenai pengertian, jenis, keungulan, dan kegunaan dry fit berikut ini.

Contoh Desain Konveksi Jersey Basket Libelsian Husky

Bahan dan Karakteristik

Umumnya komponen yang terkandung didalam dry fit adalah bahan polyester dengan kisaran 30-40%, tergantung kebutuhan pengunaan atau kualitas bahan.

Selain itu bahan lain yang terkandung dalam dry fit adalah perpaduan antara spandex dan nilon, perpaduan ketiga bahan tersebut menghasilkan tekstur kain yang lentur dan lembut.

Karakteristik lain yang menjadikannya sebagai andalan untuk pembuatan jersey adalah mudah untuk kering saat terkena cairan seperti keringat. Sirkulasi udara juga dapat dijalankan dengan sistem ventilasi dari bahan ini.

Jenis Dry Fit

Bahan Kain Untuk Pembuatan Jersey

Benzema

Bahan yang pertama adalah jenis benzema, dengan memiliki Sifatnya ringan, dingin, memiliki stretch (kemelaran) yang baik, membuatnya nyaman digunakan untuk aktifitas olahraga kalian.

Karakteristik lain dari jenis benzema adalah memiliki beragam pola ventilasi atau pori udara dalam kainnya, sehingga sirkulasi udara akan lebih terjaga saat digunakan berolahraga.

Namun untuk dry fit jenis benzema ini lebih tipis dari jenis lokal, sehingga sangat tidak nyaman digunakan dalam keadaan suhu udara dingin.

Baca Juga: Jenis Kain Jaket yang Sering Digunakan

Serena

Campuran dari bahan ini adalah kombinasi dan campuran sedikit bahan nilon sehingga memiliki sifat atau karakteristik kemelaran yang lebih tinggi.

Dengan kombinasi bahan tersebut membuat tekstur dari dry fit serena ini pada dan lembut, sehingga sering ditemukan pengunaanya untuk jersey futsal atau sepak bola.

Kelebihan

1. Ringan dan Lembut

Kombinasi antara bahan polyester, nilon, spandex, dan lainya membuat jenis kain ini memiliki tekstur yang ringan dan lebut apa bila bersentuhan dengan kulit.

Karena memiliki keungulan dari segi ringan ini maka tak herah jika menjadi andalan untuk pembuatan jersey olahraga termasuk futsal dan sepak bola.

2. Menyerap Keringat

Dengan memiliki ventilasi dan pori-pori membuatnya memiliki keuggulan dari segi penyerapan keringat, sehingga cairan yang keluar dari tubuh akan lebih mudah untuk menguap.

Bahkan dalam beberapa jenis selain memiliki pori yang besar juga mengandung sifat anti bakteri yang sangat cocok digunakan untuk berolahraga karena mengurangi bau badan.

3. Lebih Lentur

Meski dalam beberapa jenis memiliki tekstur yang tebal dan memberikan kehangatan, namun tidak pernah menghilangkan sisi kelenturan sebagi karakter utama bahan dry fit ini.

Maka tak heran jika beberapa apparel memilih bahan ini untuk digunakan sebagai pakaian olahraga yang digunakan.

Baca Juga: Harga Fleece Terbaru 2023 Bisa Untuk Bahan Kain Jaket, Selimut, Hingga Keset

4. Mudah Dicuci

Perpaduan bahan yang terkadung didalamnya membuat karakter utama sebagai penyerap cairan menjadikannya sangat mudah untuk dicuci, serta memiliki ventilasi yang baik juga menambah proses penguapan yang membuat lebih cepat kering.

Bahkan untuk beberapa jenis yang memiliki tekstur tipis menjadikannya sangat mudah dan tidak menguras energi ketika dicuci dengan tangan.

5. Tidak Gampang Kusut

Sifat kelenturan yang sangat melekat dari bahan ini membuatnya tidak mudah untuk kusut, jadi semakin memudahkan proses penyimpanan bahkan tidak perlu disetrika.

Kalian bisa dengan mudah menumpuk atau menyimpan di berbagai tempat agar lebih mudah untuk digunakan kembali.

Kekurangan

1. Tidak Mudah Disablon

Dengan memiliki pori-pori yang besar membuat bahan ini sulit untuk disablon, sehingga beberapa jersey futsal yang mengunakan bahan ini biasanya di bordir atau mengunakan sablon printing.

Meski tidak bisa disablon secara manual sablon printing menjadi salah satu solusi untuk mengakali kekurangan ini.

Baca Juga: Apa itu Bahan Diadora? Berikut Penjelasannya!

2. Pengunaan yang Terbatas

Kebanyakan pakaian yang terbuat dari bahan dry fit ini hanya bisa dugunakan dalam beberapa waktu saja, seperti berolahraga dan pengunaan sehari-hari.

Karena sangat tidak cocok bila digunakan untuk acarayang bersifat resmi atau formal.

Harga dan Pembelian

Untuk kalian yang sudah memiliki pandangan atau bahkan sudah menenukan mengunakan dry fit sebagai bahan kain jersey, dan agar mengetahui lebih lanjut tentang harga dan pemesanan langsung bisa menguhubungi kontak berikut:

Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 212 Surabaya
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/ WA : 089687288182
Email : [email protected]
Website : www.lunartextile.com
Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)
Marketplace :

Lunar Garment

Alamat Garment : Jl. Karang Menur I No.2, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286
Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)
Telp/WA : 0895-8008-60000
Email: [email protected]
Website : www.lunargarment.com
Instagram : Lunargarment  (Pakai @)

This Post Has 2 Comments

  1. EduSeo

    Ternyata banyak jenisnya juga ya?

    1. Admin Adi

      iyaa kak, untuk infomasi lengkap mengenai jenis kain bisa pantau terus di kita ya!

Leave a Reply

Lainnya

Post Terkait

ZIPPER1