August 3, 2022

Apa itu Lapisan Kain Waterproof?

Apakah sudah tau apa itu  kain Waterproof? Jika kita lihat dari Namanya yang waterproof bisa dibilang kain ini kain yang anti air . Pada Umumnya kain waterproof seperti ini digunakan untuk bahan bahan diluar ruangan yang mampu menahan air . Seperti jaket dan jas hujan . kedua pakaian tersebut yang  berperan penting dalam melindungi tubuh dari terpaan air hujan . Tentunya dengan kain kain berjenis waterproof ini harus bisa sebagai pelindurng diri jika dijadikan menjadi pakaian agar sesuai dengan  penggunaan nya . oleh karena ini , perlu untuk mengerti bagaimana lapisan kain waterproof bekerja untuk melindungi dari air .

Bahan kain anti air atau biasa dikenal dengan WaterProof, yakni sebuah istilah yang biasa digunakan dalam dunia industri tekstil pada umumnya, jenis bahan ini memiliki daya tahan air yang bagus, biasanya memiliki kerapatan yang sangat tinggi sehingga kedap terhadap resapan air yang masuk kedalam kain.

Apa bedanya waterproof dan water resistant?

Water repellent dijelaskan umumnya merupakan bahan yang dipakai dibagian luar jaket, sedangkan waterproof ada di bagian dalam jaket yang menempel langsung ke badan biker.Nah ini dia akan disampaikan dibwah mengenai lapisan lapisan dari kain waterproof yang biasanya digunakan secara umum.

  1. Lapisan luar

Lapisan luar Merupakan lapisan permukaan dari kain waterproof yang Biasanya dibuat dengan menggunakan bahan bahan dasar nilot atau polyester. Pada bagaian Lapisan luar juga bekerja untuk melindungi kain dari air dalam jangka waktu yang pendek.sehingga mampu menahan terpaan air secara berkala.

  1. Membran Laminasi

Laminasi Merupakan Lapisan yang dibuat dengan menggunakan bahan bahan dasar teflon (ePTFE) atau Polyurethane (PU). Membran laminasi juga dapat bekerja untuk menahan cipratan air dan menjaga  sirkulasi udara atau uap yang keluar dari suhu tubuh.sehingga tetap mengontrol suhu dalam tubuh.

  1. Jaringan berlapis

Jaringan berlapis merupakan Lapisan yang terakhir ini tidak hanya terdiri dari satu lapisan saja, melainkan terdiri dari tiga lapis kain. Dari Dua lapisan yang telah terpisah mampu bekerja untuk melindungi membran yang terbuka.

Macam Jenis kain waterproof

Jika telah mengetahui lapisan dari kain kain waterproof juga harus mengerti kain kain yang tentunya dapat digunakan untuk membuat jaket atau jas hujan yang anti air atau waterproof ini tadi . bahan kain waterproof ini juga telah banyak digunakan karena menjadi salah satu pilihan yang mampu membuat pakaian menjadi tepat sesuai penggunaan yanag dibutuhkan .

  1. Kain taslan

Bahan kain Taslan termasuk ke dalam kain modern yang dirancang dengan menggunakan teknologi yang canggih. Kain ini terbentuk dari jalinan serat polyester yang kuat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Meskipun terbuat dari polyester, bahan taslan dapat membuat keringat cepat menguap. Bahan kain taslan yang tergolong awet dan mampu bertahan di segala cuaca memang faktanya diproduksi dengan menggunakan teknologi canggih dan berkaitan dengan nanoteknologi. Bahan taslan sering dibuat menjadi activewear karena sifatnya yang juga elastis. Atau jadi bahan trench coat yang bisa melindungi kamu dari serangan cuaca ekstrem. Karena nanoteknologi, bahan taslan merupakan bahan yang anti air. Jika kamu mencoba menuangkan air di atasnya dan butiran air tersebut bulat sempurna berarti bahan taslan kamu asli dan siap diandalkan pada saat musim hujan.

  1. Kain Gore-tex

Bahan Kain Gore-tex adalah kain yang terbuat dari beberapa lapisan yang dirancang untuk bekerja sama agar tetap kering serta memberikan daya breathability (kemampuan melepaskan uap lengas badan) yang baik sehingga Anda tidak akan berasa terlalu panas seperti layaknya jika menggunakan bahan waterproof yang tidak mempunyai kemampuan breathability. Polytetrafluoroethylene yang diperluas digunakan dalam pakaian berbahan kain goretez karena kemampuan bernapas dan perlindungan airnya. Biasanya digunakan dalam jas hujan, dan ePTFE sekarang dapat ditemukan dalam pakaian luar angkasa dan tambalan jantung. Kain Gore-Tex didesain menggantikan lapisan dalam PU dengan selaput fluoropolimer berpori tipis berpori yang diikat ke kain. Membran ini memiliki sekitar 9 miliar pori per inci persegi.Lapisan luar kain Gore-Tex dilapisi di bagian luar dengan perawatan Durable Water Repellent (DWR). DWR mencegah lapisan luar utama menjadi basah, yang akan mengurangi sirkulasi udara di seluruh kain.

Baca Juga  Alasan harus memilih kain goretex

 

  1. Kain ripstop

Bahan Kain ripstop adalah kain yang memiliki permukaan dengan tekstur kotak-kotak. Kain ini tergolong sebagai kain tenun yang biasanya terbuat dari benang nilon yang diproses dengan hatchback stich (silang balik), dengan hasil akhir tekstur kotak-kotak. Proses inilah yang membuat kain menjadi lebih kuat dan tahan sobek. Dengan teknik ripstop bahan yang ditenun mempunyai kekuatan yang cukup baik yang bisa tahan terhadap air tidak mudah meresap serta menyebar, kekuatan bahannya bisa melindungi dari goresan atau robekan benda tajam ketika  berada di alam, kain ripstop ini banyak digunakan untuk seragam militer, baju safety buat pendaki gunung, ransel, tas koper, kain layar kapal, parasut, balon udara, kemeja militer, dllkomposisinya bisa menggunakan katun dan sintetisnya sama atau lebih banyak atau nilonnya lebih tinggi, dengan kerapatan yang sangat rapat dan berbagai pola bentuk garis mulai dari hexagon, diamond atau kotak, dan sebagainya, itu membentuk struktur kain menjadi 3 dimensi anyamannya sehingga membuat serat kain atau nilon menjadi terjalin sangat kuat, tidak mudah robek.

 

  1. Kain Parasut

Kain parasut atau dalam bahasa pabrik dikenal dengan istilah Tafetta merupakan salah satu jenis bahan kain yang tipis dan ringan. Kain ini sangat cocok jika dipakai untuk membuat cover (lapisan pelindung), furing, jaket maupun produk konveksi lainnya. Dilihat dari bahan baku pembuatannya hampir dapat dipastikan jika bahan kain parasut ini pada umumnya tidak dapat menyerap keringat sehingga kurang cocok jika digunakan saat cuaca panas. Akan tetapi bahan ini mempunyai kelebihan yaitu sangat mudah dibersihkan, mudah sekali kering dan tidak menimbulkan bau.Kain ini dinamakan bahan kain parasut karena pada awalnya bahan ini digunakan untuk pembuatan parasut yang sering digunakan oleh penerjung payung. Namun unuk jenis parasut yang digunakan untuk kebutuhan sandang mempunyai kualitas dan tingkat ketebalan yang berbeda dengan bahan yang digunakan untuk parasut terjun payung.

Baca Juga  3 Jenis Kain Celana Training

 

Demikian dapat disimpulkan bahwasanya kain kain waterproof memang memiliki sifat anti air dengan kerapatan kain yang sangat padat , dengan adanya informasi mengenai kain kain anti air atau waterproof kita diuntungkan karena kegiatan dia luar ruangan dapat memberikan kenyaman dan kesesuaian kegunaan untuk pemakaian dalam pakaian yang digunakan .

Pesan Langsung di Lunar Textile Indonesia

Alamat Toko : Jl. Kapasan No. 204 Surabaya

Jam Operasional :

Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB

Sabtu, Jam 08.00 – 16.00 WIB

Telp/ WA :

Admin 1 : 0899-2888-588

Admin 2 : 0896-1368-0801

Admin 3 : 0896-8728-8182

Email : lunartextileku@gmail.com

Website : www.lunartextile.com

Instagram : lunartextileindonesia (pakai @)

Marketplace :

Shopee Lunartextile

Tokopedia Lunartextile

Ingin Mencari Tempat Konveksi Yang Berkualitas ? Langsung Hubungi Lunar Garment

Alamat Garment : Jl. Karang Menur I No.2, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286

Jam Operasional : Senin – Sabtu, Jam 08.00 – 17.00 WIB (Khusus Hari Sabtu Sampai Jam 4 Sore)

Telp/WA : 0895-8008-60000

Email: Lunargarment@gmail.com

Website : www.lunargarment.com

Instagram : Lunargarment  (Pakai @)

Untuk anda yang menginginkan kain jenis lain dengan kualitas terbaik namun harga tetap terjangkau, bisa hubungi kami.

 

Leave a Reply

ZIPPER1