April 18, 2024

Waterproof, Water Repellent, dan Water Resistant: Perbedaan Ketahanan Air dalam Kain Waterproof

Seringkali kita mendengar istilah waterproof, water repellent ataupun water resistant pada kain. Ketiganya merupakan kategori ketahanan kain terhadap air. Masing-masing kategori memiliki karakteristik yang berbeda dan pilihan yang tepat bergantung pada kebutuhan aktivitas dan lingkungan. Biasanya kain-kain tahan air tersebut digunakan untuk pembuatan jaket outdoor, jaket riding, beanbag, bagpack, cover mobil dan lain sebagainya.

Istilah water proof, water repellent ataupun water resistant sendiri digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana ketahanan kain terhadap air. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana perbedaan ketahanan air dari ketiga kategori tersebut. 

Gambar Kain Waterproof. water repellent, water resistant

Waterproof : Kain Tahan Terhadap Air

Sesuai dengan artinya, kain waterproof merupakan kain yang tahan terhadap air. Biasanya, bahan kain waterproof terbuat dari bahan dasar seperti nylon, polyester, atau karet balon. Kain ini memiliki lapisan coating khusus yang meningkatkan daya tahan kain terhadap air. Material yang dikenakan label waterproof memiliki kemampuan untuk menahan air secara keseluruhan, tidak mudah menembus permukaan material, dan hanya dapat ditembus air dengan tekanan tinggi.

Banyak orang menggunakan kain waterproof untuk membuat jaket, sepatu, tas, dan lain sebagainya. Pada jaket sendiri, kain waterproof sering digunakan untuk bahan pembuatan jaket outdoor. Fitur waterproof pada kain sangat cocok untuk menahan dingin, air dan cuaca ekstrim. Selain itu, kebanyakan kain waterproof sendiri juga sangat awet digunakan karena memiliki material durable atau tahan lama.

Baca Juga  Jaket Kain Taslan Milky? Begini Kurang Lebihnya

Salah satu contoh kain waterproof dari Lunar Textile adalah Kain Taslan Milky dengan fitur waterproof milky. Kain ini sangat cocok digunakan untuk bahan pembuatan jaket outdoor, jaket riding, bean bag, backpack dan lain sebagainya.

Gambar Jaket Outdoor kain waterproof, water repellent dan water resistant

Water Repellent : Kain Hidrofobik (ketahanan dibawah waterproof)

Kain water repellent merupakan jenis kain yang memiliki sifat hidrofobik atau kemampuan menolak air. Ini adalah jenis kain yang paling sesuai untuk digunakan sebagai pengaman dari hujan, karena dapat menahan air sebagai pelindung. Tas dengan label water repellent mengizinkan pengguna lebih lama bertahan di bawah guyuran hujan. Material yang digunakan untuk produk water repellent biasanya terbuat dari bahan yang telah dilengkapi lapisan khusus anti-air. Ketahanan air dari kain water repellent berada dibawah kain waterproof. 

Kain water repellent banyak digunakan sebagai pengaman dari hujan dalam berbagai aktivitas outdoor, seperti hiking, motoris, dan lain-lain. Ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan bergerak dengan bebas, karena tidak terkena air yang mengurangi kemampuan bergerak.

Salah satu contoh kain water repellent dari Lunar Textile adalah Kain Alpen Milky.

Water Resistant : Tidak Sepenuhnya Tahan Air

Kain water resistant adalah jenis kain yang tidak sepenuhnya menahan cairan masuk ke lapisan dalam pakaian, tetapi memiliki fitur hydrophobic yang membentuk air menjadi butiran-butiran seperti pada daun talas. Tingkat ketahanan air jenis kain ini berada dibawah dua kategori yang telah dijelaskan diatas. Biasanya, kain ini digunakan untuk pakaian yang dibutuhkan dalam kegiatan outdoor dan adventure, seperti jaket, jas, dan mantel. 

Baca Juga  Perbedaan Gore-tex vs Taslan, Kelebihan dan Kekurangannya

Kain water resistant memiliki lapisan luar yang biasanya menggunakan bahan nilon atau polyester, serta membran laminasi. Proses pembuatan kain anti air biasanya dibagi menjadi dua bagian, yakni proses laminasi dan Coating. Membran laminasi dan Coating digunakan untuk membentuk lapisan kain yang dapat menahan cairan masuk ke lapisan dalam pakaian.

Salah satu contoh kain water resistant dari Lunar Textile adalah kain Goretex. Bahan ini memiliki teknologi yang dirancang untuk memberikan perlindungan yang optimal terhadap air. Namun, perlu diingat bahwa bahan-bahan ini biasanya lebih mahal daripada kain biasa.

Kesimpulan

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa perbedaan dari ketiga istilah tersebut berada di tingkat ketahanan ketiganya dalam menahan air. Dengan waterproof diposisi pertama, kemudian water repellent lalu yang terkahir adalah water resistant.

Lunar textile menyediakan berbagai macam bahan jaket baik waterproof, water repellent ataupun water resistant. Untuk pemesanan bisa langsung menghubungi nomor admin yang tertera dalam website kami. Bisa juga langsung kunjungi alamat toko kami di Jalan Kapasan no. 112 Surabaya.

Jangan lupa pantau Lunar Textile untuk informasi seputar kain lainnya!

Leave a Reply

ZIPPER1